TY - THES A1 - HAYATINI, DESTIANA RIZKI PB - Fakultas Ilmu Pendidikan EP - 132 N2 - Resiliensi menjadi hal yang penting bagi siswa yang tinggal di pondok pesantren karena peliknya masalah dan tekanan hidup yang mereka hadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mindfulness dan dukungan sosial teman sebaya terhadap resiliensi siswa pondok pesantren, baik secara bersama-sama maupun secara parsial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex-post facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMP dan MTs di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah yang tinggal di lingkungan pondok pesantren. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling (area sampling). Instrumen penelitian digunakan kuesioner yang telah diuji dengan expert judgement. Analisis data digunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Kriteria penerimaan/penolakan hipotesis pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari mindfulness dan dukungan sosial teman sebaya terhadap resiliensi siswa pondok pesantren sebesar 46,8%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan mindfulness terhadap resiliensi siswa pondok pesantren dengan kontribusi efektif sebesar 25,4%: dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan dukungan sosial teman sebaya terhadap resiliensi siswa pondok pesantren dengan kontribusi efektif sebesar 21,4%. Y1 - 2022/06/15/ ID - UNY73409 KW - resilience KW - mindfulness KW - peer social support KW - Islamic boarding school students UR - http://eprints.uny.ac.id/73409/ M1 - tesis AV - restricted TI - PENGARUH MINDFULNESS DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP RESILIENSI SISWA PONDOK PESANTREN ER -