%T Konstruk Kesejahteraan Siswa SMA di Yogyakarta Ditinjau dari PERMA Model %I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2022 %L UNY73405 %K Exploratory Factor Analysis, Confirmatory Factor Analysis, Well-being %X enelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengeksplorasi konsep kesejahteraan siswa di Indonesia. (2) Mengkonfirmasi apakah kesejahteraan siswa SMA sesuai dengan model “PERMA”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah exploratory. Sampel yang digunakan sebanyak 434 siswa SMA di Provinsi Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah multistage randome sampling. Instrument penelitian diadaptasi dari positive affect and negative affect scale-children (PANAS-C), The EPOCH (Engagement, Perseverance, Optimism, Connectedness, and Happiness) Measure of Adolecent well-being dan Meaning in Life Questionnaire (MLQ). Teknik analisis data menggunakan analisis faktor eksploratori dan konfirmatori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesejahteraan siswa di Indonesia terstruktur dari delapan dimensi: kesenangan, dorongan, kegembiraan, keterlibatan, hubungan positif, memiliki tujuan, pencarian tujuan dan pencapaian. (2) Analisis faktor konfirmatori menunjukkan bahwa kedelapan dimensi menunjukkan model fit yang lebih baik dibandingkan model PERMA. Oleh sebab itu disimpulkan bahwa kesejahteraan siswa SMA tidak sesuai dengan model “PERMA”. %A YOGA SETYO WIBOWO