TY - THES N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran KOPER RAHASIA yang layak dan praktis digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep sistem peredaran darah manusia pada siswa kelas V SDN Sendangsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development. Penelitian ini dilaksanakan melalui 4 dari 5 langkah model pengembangan ADDIE, yakni: analysis, design, development, dan implementation. Penelitian dilakukan di SDN Sendangsari dengan subjek penelitian siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan angket. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, wawancara, angket, serta soal pre-test dan post-test. Data hasil penelitian dianalisis melalui statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi ahli, media telah dinyatakan layak. Hasil validasi ahli media mendapatkan skor rata-rata 4,3 sehingga masuk dalam kategori layak. Materi yang dimuat dalam media mendapatkan skor rata-rata 4,57 dari ahli materi sehingga masuk dalam kategori layak. Berdasarkan respon siswa saat uji coba lapangan awal media termasuk dalam kategori praktis dan dapat diujicobakan dengan rata-rata skor 4,67. Selain itu, hasil dari respon guru terhadap media masuk dalam kategori praktis dengan rerata skor 4,1. Secara keseluruhan, media ini sudah dapat dinyatakan layak dan praktis untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas V sekolah dasar. Kata kunci: media pembelajaran, pemahaman siswa, sistem peredaran darah manusia Y1 - 2022/06/15/ PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Febrianto, Dwi AV - restricted TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK PERAGA PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA PADA SISWA KELAS V SD SENDANGSARI BANTUL M1 - skripsi ID - UNY73398 UR - http://eprints.uny.ac.id/73398/ ER -