%A LUQI DARMAWAN %X Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan implementasi supervisi pembelajaran dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru kelas non sarjana pendidikan luar biasa di SLB YKK Pacitan, (2) untuk mendeskripsikan implementasi supervisi pembelajaran dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru kelas non sarjana pendidikan luar biasa di SLB Negeri Ngadirojo, (3) untuk mendeskripsikan persamaan implementasi supervisi pembelajaran dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru kelas non sarjana pendidikan luar biasa di SLB YKK Pacitan dan SLB Negeri Ngadirojo. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi multi situs. Penelitian ini dilakukan di SLB YKK Pacitan dan SLB Negeri Ngadirojo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini memiliki kriteria yaitu kredibilitas, dan konfirmabilitas. Analisis data yang digunakan adalah data collection, data condensation, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan supervisi pembelajaran di SLB YKK Pacitan dengan membentuk tim supervisi, analisis supervisi pembelajaran tahun sebelumnya, menyusun dokumen program supervisi pembelajaran. Pelaksanaan supervisi pembelajaran menggunakan teknik individu, pendekatan kolaboratif, model ilmiah, dan menerapkan prinsip demokratis, ilmiah, kerjasama, tanggung jawab, kekeluargaan, konstruktif, dan kreatif. Tindak lanjut supervisi pembelajaran dengan melakukan pembinaan dalam penggunaan bahasa isyarat dan membaca huruf braille, penggunaan media pembelajaran untuk ABK, memahami berbagai karakteristik ABK, menyusun perangkat pembelajaran, mengadakan kegiatan workshop di sekolah, dan mengikutsertakan guru dalam berbagai workshop dan diklat di luar sekolah. (2) Perencanaan supervisi pembelajaran di SLB Negeri Ngadirojo dengan membentuk tim supervisi, analisis supervisi pembelajaran tahun sebelumnya, menyusun dokumen program supervisi pembelajaran. Pelaksanaan supervisi pembelajaran dengan menggunakan teknik individu dan kelompok, pendekatan kolaboratif, model ilmiah, dan menerapkan prinsip kerjasama, ilmiah, fleksibel, kekeluargaan, demokratis, konstruktif, dan kreatif. Tindak lanjut supervisi pembelajaran dengan melakukan pembinaan dalam menyusun perangkat pembelajaran, penggunaan media pembelajaran untuk ABK, memahami berbagai karakteristik ABK, dan mengikutsertakan guru dalam berbagai diklat dan workshop. (3) Persamaan implementasi supervisi pembelajaran di SLB YKK Pacitan dan SLB Negeri Ngadirojo pada perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Perencanaan dengan membentuk tim supervisi, analisis supervisi pembelajaran tahun sebelumnya, menyusun program supervisi pembelajaran. Pelaksanaan supervisi pembelajaran dengan menggunakan teknik individu, pendekatan kolaboratif, model ilmiah, dan menerapkan prinsip demokratis, ilmiah, kerjasama, kekeluargaan, konstruktif, dan kreatif. Tindak lanjut supervisi pembelajaran dengan melakukan pembinaan dalam menggunakan media pembelajaran, memahami berbagai karakteristik anak berkebutuhan khusus, menyusun perangkat pembelajaran, mengikutsertakan guru dalam berbagai diklat dan workshop %K instructional supervision, and pedagogic competence %L UNY73390 %T IMPLEMENTASI SUPERVISI PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SLB YKK PACITAN DAN SLB NEGERI NGADIROJO %D 2022 %I Fakultas Ilmu Pendidikan