TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/73387/ KW - professional learning community (PLC) KW - academic supervision KW - teacher? self efficacy KW - teacher professional competence improvement AV - restricted TI - PENGARUH PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITIES (PLC), SUPERVISI AKADEMIK, DAN SELF EFFICACY GURU TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SMP DI KECAMATAN LECES KABUPATEN PROBOLINGGO ID - UNY73387 M1 - tesis A1 - Daroini, Hasanatut A1 - Niron, Maria Dominika PB - Fakultas Ilmu Pendidikan N2 - Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan gambaran professional learning community (PLC), supervisi akademik, self efficacy guru, dan kompetensi profesional guru SMP di Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, dan (2) mengetahui pengaruh professional learning community (PLC), supervisi akademik, dan self efficacy guru terhadap peningkatan kompetensi profesional guru SMP di Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah 107 guru SMP di Kecamatan Leces. Penentuan sampel penelitian sejumlah 93 guru menggunakan teknik simple random sampling. Validasi instrumen menggunakan expert judgement dan uji empiris dengan korelasi Pearson Product Moment. Uji reabilitas instrumen dilakukan dengan Alpha Cronbach. Uji asumsi klasik dilakukan dengan pengujian normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Regresi linier sederhana dilakukan sebagai analisis data untuk menguji pengaruh masing-masing variabel independen ( Y1 - 2022/06/14/ ER -