TY - THES M1 - disertasi AV - restricted PB - Program Pascasarjana KW - Penyetaraan klasik KW - penyetaraan modern KW - penyetaraan kernel KW - kemampuan literasi matematika N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Karakteristik tes kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII, IX dan X; 2) Kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII, IX dan X berdasarkan parameter yang digunakan; 3) Perbedaan keakuratan hasil penyetaraan tes kemampuan literasi matematika dengan pendekatan klasik dan modern (IRT); 4) Perbedaan keakuratan hasil penyetaraan kernel secara klasik dan modern (IRT) pada tes kemampuan literasi matematika; 5) Pengaruh panjang tes dan jumlah sampel terhadap keakuratan hasil penyetaraan kernel secara klasik dan modern (IRT). Penelitian ini adalah penelitian simulasi dengan menggunakan metode Markov Chain Monte Carlo (MCMC). Eksperimen menggunakan desain 3 faktorial (perlakuan) dan 40 (empat puluh) kali pengulangan. Ketiga faktor yang dikontrol tersebut yaitu: 1) parameter kemampuan ( Y1 - 2022/02/09/ TI - Perbandingan Penyetaraan Kernel Secara Klasik dan Modern Pada Tes Kemampuan Literasi Matematika. A1 - Gunawan, Muhammad Ali A1 - Retnawati, Heri ID - UNY73383 UR - http://eprints.uny.ac.id/73383/ ER -