%0 Thesis %9 S3 %A Gunawan, Muhammad Ali %A Retnawati, Heri %B Penelitian dan Evaluasi Pendidikan %D 2022 %F UNY:73383 %I Program Pascasarjana %K Penyetaraan klasik, penyetaraan modern, penyetaraan kernel, kemampuan literasi matematika %T Perbandingan Penyetaraan Kernel Secara Klasik dan Modern Pada Tes Kemampuan Literasi Matematika. %U http://eprints.uny.ac.id/73383/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Karakteristik tes kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII, IX dan X; 2) Kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII, IX dan X berdasarkan parameter yang digunakan; 3) Perbedaan keakuratan hasil penyetaraan tes kemampuan literasi matematika dengan pendekatan klasik dan modern (IRT); 4) Perbedaan keakuratan hasil penyetaraan kernel secara klasik dan modern (IRT) pada tes kemampuan literasi matematika; 5) Pengaruh panjang tes dan jumlah sampel terhadap keakuratan hasil penyetaraan kernel secara klasik dan modern (IRT). Penelitian ini adalah penelitian simulasi dengan menggunakan metode Markov Chain Monte Carlo (MCMC). Eksperimen menggunakan desain 3 faktorial (perlakuan) dan 40 (empat puluh) kali pengulangan. Ketiga faktor yang dikontrol tersebut yaitu: 1) parameter kemampuan (