%0 Thesis %9 S1 %A Paturaka Putra, Dharma %B Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2022 %F UNY:73361 %I Universitas Negeri Yogyakarta %P 1 %T HUBUNGAN CITRA DIRI DENGAN INTENSI MEMBELI PRODUK STREETWEAR DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/73361/ %X Fenomena trend fashion yang salah satunya sedang populer di Indonesia adalah fashion streetwear. Fashion streetwear adalah suatu gaya berpakaian khas fashion jalanan yang memiliki bermacam-macam makna, ideologi, hingga pesan yang memiliki kaitan yang erat dengan berbagai stereotipe didalamnya. Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kesesuaian citra diri terhadap intensi membeli produk streetwear di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan metode analisis korelasional. Dalam penelitian ini, populasi yang diambil yaitu konsumen produk streetwear di Yogyakarta. Sampel berjumlah 100 responden yang didapatkan dengan teknik purposive sampling. Sampel berusia antara 18-25 tahun masuk dalam kelompok dewasa awal. Subjek diminta untuk mengisi skala kesesuaian citra diri dan skala intensi membeli yang bersumber dari teori Sirgy dan Ajzen yang telah melalui proses uji validitas dan reliabilitas. Skala psikologis tersebut kemudian disebar dengan metode kuesioner online dengan penilaian menggunakan skala Likert. Analisis data dilakukan dengan Pearson Product Moment. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment didapatkan hasil berupa koefisien korelasi sebesar 0,734 dan p = 0.00. Hal tersebut menndakan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kesesuaian citra diri terhadap intensi membeli produk streetwear di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kata kunci: kesesuaian citra diri, intensi membeli, streetwear