@phdthesis{UNY73355, author = {BETI DENOK JASWANTI and Edi Purwanta}, title = {MANAJEMEN STRATEGI KEPALA SEKOLAH INKLUSI YOGYAKARTA MENGHADAPI PANDEMI COVID-19}, month = {June}, year = {2022}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, keywords = {Strategic Management, Principals, Inclusive Schools, Covid-19 pandemic.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/73355/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan manajemen strategi kepala sekolah inklusi di Yogyakarta dalam menghadapi pandemi covid-19 dengan mendeskripsikan empat model: (1) Analisis Lingkungan,(2) Formulasi,(3) Implementasi (4) Evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi dengan melakukan eksplorasi secara mendalam terhadap strategi yang dilakukan kepala sekolah SD Negeri Giwangan dan kepala sekolah Jogja Green School sebagai sekolah penyelenggara inklusi dalam menghadapi pandemi covid-19 di Yogyakarta. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model analisis Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Analisis lingkungan disimpulkan dengan analisis SWOT. 2) Formulating strategi yang dilakukan kedua kepala sekolah dalam menyelenggarakan sekolah inklusi dengan mempertimbangkan situasi pandemi covid-19 dan kebijakan Dinas Pendidikan dalam menyelenggarakan sekolah jarak jauh. 3) Implementasi strategi adalah melakukan penjabaran strategi yang sudah dirumuskan dalam bentuk kegiatan. Pembelajaran belum terselenggara secara maksimal di kedua sekolah. 4) Evaluasi dilakukan kepala sekolah sebagai supervisi pendidikan terhadap guru baik dari rancangan pembelajaran maupun pengajaran di kelas inklusi. Kepala sekolah SD Negeri Giwangan melakukan kegiatan evaluasi, dan membuat rencana tindak lanjut kegiatan dan pembelajaran untuk siswa ABK yang diadaptasikan di situasi pandemi covid-19. Sedangkan kepala sekolah Jogja Green School memodifikasi rancangan pembelajaran untuk siswa reguler dan siswa ABK menggunakan Weekly Lesson Plan yang disesuaikan dengan kondisi pembelajaran jarak jauh.} }