TY  - THES
AV  - restricted
ID  - UNY73338
Y1  - 2021/09/30/
UR  - http://eprints.uny.ac.id/73338/
M1  - disertasi
TI  - Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Literasi di Sekolah Dasar Kelas Rendah.
PB  - Program Pascasarjana
KW  - model pembelajaran PJOK
KW  -  SD kelas rendah
KW  -  literasi
A1  - Adi, Banu Setyo
A1  - Irianto, Djoko Pekik
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan model pembelajaran PJOK berbasis literasi di SD kelas rendah, (2) mengetahui kelayakan model pembelajaran yang dihasilkan tersebut, (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran yang dihasilkan tersebut. Model pembelajaran PJOK ini bermuatan literasi pada sintaks pembelajarannya.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Gall, Gall, & Borg. Subjek penelitian adalah siswa kelas rendah sekolah dasar dan guru PJOK di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jumlah lokasi uji coba sembilan sekolah dasar. Pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan eksperimen. Analisis data respons guru menggunakan Aiken- V. Uji efektivitas menggunakan model posttest-only control design dengan analisis menggunakan uji-t.
Temuan penelitian adalah sebagai berikut. (1) Sintaks model sesuai dengan karakteristik PJOK di SD yang meliputi pembagian lembar kerja peserta didik, pemanasan, informassi verbal/visual, praktik, pendinginan, refleksi diri, dan pengumpulan lembar kerja peserta didik, (2) Model pembelajaran layak karena materi yang diajarkan sesuai dengan tingkatan kemampuan motorik dan literasi, tugas gerak dibuat sesuai kurikulum yang berlaku, sehingga proses belajar tetap berada dalam zone proximal development, (3) Model pembelajaran efektif karena hasil menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,000 sehingga p < 0,05 dan perbandingan mean antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 89,27 dan 83,46.
ER  -