@phdthesis{UNY73285, year = {2022}, school = {Program Pascasarjana}, title = {Evaluasi Kinerja Guru Baru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri di Kota Yogyakarta.}, author = {Tubagus Arief Darmawan and Das Salirawati}, month = {April}, keywords = {evaluasi, guru baru, kinerja guru, kompetensi guru}, url = {http://eprints.uny.ac.id/73285/}, abstract = {Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja seorang pendidik adalah latar belakang pendidikannya. Guru baru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki latar belakang pendidikan yang berbedatermasuk latar belakang pendidikan berbasis agama Islam dan berbasis non-Agama Islam (formal), sehingga timbul perbedaan kinerja guru baru PAI yang mencakup empat kompetensi guru. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengevaluasi kinerja guru baru ditinjau dari kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan social; (2) mendeskripsikan pengaruh pengalaman mengajar terhadap kinerja dan profil kinerja yang diharapkan di jenjang SMP . Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi kesenjangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP negeri Kota Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah guru baru fresh graduate Pendidikan Agama Islam yang memiliki pengalaman mengajar satu bulan sampai dengan empat tahun. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Estimasi validitas instrumen kuesioner sebesar 0,850 dan validitas instrumen wawancara sebesar 0,910. Teknik analisis data yang digunakan dalampenelitian adalah analisis deskriptif kualitataif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kinerja guru baru PAI berlatar belakang Pendidikan Agama Islam mencapai kriteria sangat baik, sedangkan yang berlatar belakang Pendidikan non-Agama Islam mencapai kriteria baik. Pengalaman mengajar dapat menentukan tingkat pencapaian kinerja guru baru; guru yang memiliki pengalaman mengajar lebih lama memiliki tingkat kompetensi yang lebih baik. Profil kinerja guru fresh graduate PAI ditinjau dari empat kompetensiguru meliputi: (1) mampu memahami peserta didik dan merancang pembelajaran; (2) menguasai teori keagamaan, hukum keagamaan, menguasai metode pembelajaran danmampu mengerjakan tugas profesi guru dengan baik dan benar; (3) berakhlak baik, kreatif, inovatif, dan memiliki motivasi tinggi terhadap pendidikan; (4) mampu bersosialisasi dengan siapapun secara baik dan efisien. Demi peningkatan kinerja mereka, perlu diperhatikan peningkatan semua hal tentang ilmu pengetahuan PAI secara komprehensif serta mempelajari tentang psikologi anak, memperdalam dan mempelajari metode pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran PAI agar pembelajaran lebih bervariasi dan inovatif, dan mengikuti pelatihan atau FGD tentangbagaimana mengajar mata pelajaran PAI yang kreatif, inovatif, dan efisien.} }