TY - THES ID - UNY73278 KW - pengetahuan KW - guru PJOK SMP KW - RPP KW - model kurikulum 2013 N1 - Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D. N2 - Belum semua guru Penjasorkes khususnya ditingkat jenjang Pendidikan SMP mampu memahami tentang metode pembelajaran berdasarkan kurikulum2013. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan guru PJOK terhadap metode pembelajaran kurikulum 2013 SMP Se-Kabupaten Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian adalah tunggal yaitu pengetahuan guru PJOK terhadap metode pembelajaran kurikulum 2013. Populasi penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian sejumlah 29 guru PJOK yang berstatus PNS dan honorer yang aktif mengajar di SMP Se-Kabupaten Purworejo. Instrumen penelitian adalah soal sebanyak 20 butir. Hasil uji coba seluruh butir soal adalah valid, koefisien korelasi semua item/ butir dengan skor total diperoleh hasil keseluruhan di atas ?0,3?; soal juga reliabel karena pengujian keefisien reliabilitas instrumen hasilnya di atas keefisien reliabilitas minimal (0,71 > 0,60). Teknik pengumpulan data dengan peneliti menyebar soal dengan cara mendatangi tiap SMP di Kabupaten Purworejo. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan guru PJOK terhadap metode pembelajaran kurikulum 2013 SMP Se-Kabupaten Purworejo berada pada kategori ?sangat tinggi? 0% (0 guru), ?tinggi? sebesar 17,24% (5 guru), kategori ?cukup? 65,52% (19 guru), kategori ?rendah? 17,24% (5 guru), dan kategori ?rendah sekali? 0% (0 guru). Berdasarkan nilai rata-rata yaitu 52,07, tingkat pengetahuan guru PJOK terhadap metode pembelajaran kurikulum 2013 SMP Se-Kabupaten Purworejo adalah masuk dalam kategori ?cukup?. Y1 - 2022/05/27/ PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan A1 - Nugraha, Martha Ardy M1 - skripsi AV - public TI - Tingkat Pengetahuan Guru Terhadap Model Pembelajaran PJOK Kurikulum 2013 di SMP Se-Kabupaten Purworejo Tahun 2020 UR - http://eprints.uny.ac.id/73278/ ER -