%T Tingkat Pemahaman Materi Sepak Bola Melalui Kanal YouTube e-Pjok Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Se-Kecamatan Pakem %D 2022 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %L UNY73244 %O Dosen Pembimbing: Erlina Listyarini, M.Pd. %A Pebri Wendika %X Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas V SD tentang materi permainan sepak bola dengan menggunakan media kanal YouTube e-Pjok. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes soal dengan pilihan jawaban benar atau salah. Subjek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas V sekolah dasar yang berada di kecamatan Pakem yang menggunakan kanal YouTube e-Pjok dalam penyampaian materi permainan sepak bola yakni sebanyak 41 peserta didik. Teknik menganalisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan hasil presentase yang dibagi menjadi 5 kategori yakni sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat pemahaman materi sepak bola melalui kanal YouTube e-Pjok pada peserta didik kelas V sekolah dasar se-kecamatan Pakem adalah kategori “sedang” dengan frekuensi 15 peserta didik (36,58%), kategori “sangat tinggi” dengan frekuensi 2 peserta didik (4,90%), kategori “tinggi” dengan frekuensi 11 peserta didik (26,82%), kategori “rendah” dengan frekuensi 3 peserta didik (7,31%), dan kategori “sangat rendah” dengan frekuensi 10 peserta didik (24,39%). %K tingkat pemahaman, permainan sepak bola, kanal YouTube e-Pjok