TY - THES KW - pelaksanaan pembelajaran KW - pembelajaran daring KW - PJOK ID - UNY73233 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran PJOK secara daring pada siswa SD Negeri Kembangsawit Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen di masa pendemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah triangulasi sumber meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis data model Miles dan Huberman meliputi, reduksi data, penyajian data, verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Permasalahan pembelajaran daring pelajaran PJOK pada siswa SD Negeri Kembangsawit tidak hanya terjadi pada siswa akan tetapi terjadi juga kepada guru. Permasalahan pada siswa yaitu sarana dan prasarana yang dibutuhkan seperti HP dan kuota internet. Permasalahan yang terjadi pada guru lebih dikarenakan belum terbiasa dengan pembelajaran daring, kesulitan dalam hal penyiapan media pembelajaran yang digunakan, rendahnya penguasaan IT, kesulitan komunikasi dengan siswa dan anggapan orang tua bahwa PJOK bukan pelajaran penting. Upaya yang dilakukan oleh guru PJOK untuk mengatasi kendala yaitu: 1) Membuat kelompok-kelompok belajar; 2) Tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan; 3) Menyiapkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran; 4) Bekerjasama dengan orang tua siswa dan memberikan pemahaman bahwa mata pelajaran olahraga sama pentingnya dengan mata pelajaran lain di sekolah. Y1 - 2022/06/02/ N1 - Dosen Pembimbing: Dr. Guntur, M.Pd. A1 - Irfan, Moh. Ridwan PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan TI - Survei Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Secara Daring Pada Siswa SD Negeri Kembangsawit Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen di Masa Pendemi Covid-19 AV - public M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/73233/ ER -