%0 Thesis %9 S1 %A Winarni, Winarni %B PGSD %D 2022 %F UNY:73205 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SELAMA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI SE- KELURAHAN BENER KOTA YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/73205/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui informasi tentang pengaruh antara perhatian orang tua selama pembelajaran tatap muka terbatas terhadap prestasi belajar Matematika; 2) mengetahui informasi tentang pengaruh antara motivasi belajar selama pembelajaran tatap muka terbatas terhadap prestasi belajar Matematika; 3) mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama selama pembelajaran tatap muka terbatas terhadap prestasi belajar Matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex- post facto. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri se - Kelurahan Bener Kota Yogyakarta sebanyak 98 peserta didik dengan sampel sejumlah 79 peserta didik yang ditentukan menggunakan rumus Yamane. Teknik pengumpulan analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear ganda. Sebelum melakukan analisis data, dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perhatian orang tua secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar Matematika dengan sumbangan efektif sebesar 20,8%; 2) motivasi belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar Matematika dengan sumbangan efektif sebesar 8%; serta 3) perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersama -sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar Matematika dengan sumbangan efektif secara bersama-sama (simultan) sebesar 21%. Kata kunci: motivasi belajar, perhatian orang tua, prestasi belajar