%I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2022 %T PENGEMBANGAN MEDIA LEARNING ABOUT DIVISION (LUDO) UNTUK MATERI PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS III B SD N GOLO YOGYAKARTA %A Rafi Fadhillah Hamzah %X Penelitian ini bertujuan mengembangkan media LUDO yang layak digunakan untuk materi pembagian bilangan cacah untuk kelas III B SDN Golo Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan langkah penelitian dan pengembangan (research and development) ADDIE, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pada tahap implementasi atau uji coba lapangan dilaksanakan di SD N Golo Yogyakarta pada siswa kelas III B SDN Golo Yogyakarta dengan jumlah responden 16 siswa. Hasil penelitian ini penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,41 dengan klasifikasi sangat baik. Sedangkan penilaian ahli media diperoleh rata-rata skor 4,3 dengan klasifikasi sangat baik. Pada uji coba lapangan awal diperoleh tanggapan siswa dengan rata-rata skor 4,77 yang masuk dalam klasifikasi sangat baik. Pada uji lapangan utama diperoleh tanggapan siswa dengan rata-rata skor 4,2 yang masuk dalam klasifikasi sangat baik. Sedangkan rata-rata skor penilaian guru sebesar 4,3 yang termasuk ke dalam kriteria penilaian sangat baik. Dengan demikian media Ludo untuk materi pembagian dinyatakan “layak” untuk digunakan karena secara keseluruhan memperoleh skor yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Kata kunci: pengembangan media, ludo, pembagian %L UNY73204