@article{UNY7318, publisher = {Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY}, year = {2011}, title = {Model Pembelajaran Mata Kuliah Pemodelan Matematika Program Studi Matematika ITB}, author = {Nuning Nuraini}, month = {December}, journal = {Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran}, keywords = {pemodelan matematika, problem solving, studi kasus, masalah nyata}, url = {http://eprints.uny.ac.id/7318/}, abstract = {Pada makalah ini akan dibahas manajemen dan isi perkuliahan Pemodelan Matematika di Program Studi Matematika ITB secara umum. Mata kuliah ini adalah satu-satunya mata kuliah pada Prodi Matematika ITB yang diampu oleh paling tidak tujuh dosen matematika, oleh sebab itu sering dinyatakan sebagai kuliah yang cukup ?mahal.? Sasaran perkuliahannya sendiri adalah untuk mengajarkan dan melatih mahasiswa dalam proses pemodelan masalah nyata yaitu masalah-masalah yang ada di industri, lingkungan atau masalah dalam kehidupan sehari-hari. Proses pemodelan di sini meliputi identifikasi dan formulasi masalah, konstruksi model matematika, interpretasi, perbaikan model dan kalau dimungkinkan sampai pada validasi model. Pada awal perkuliahan mahasiswa akan dibagi dalam grup. Pada tiap grup akan diberikan satu problem yang harus dipecahkan selama perkuliahan. Bentuk perkuliahan adalah problem solving activity, di mana peran dosen di sini lebih sebagai koordinator dan jika perlu akan bertindak sebagai partner dalam kerja kelompok dan/atau penghubung ke nara sumber yang layak. Sebagai gambaran akan diberikan satu siklus problem solving untuk topik matematika biologi dari pendeskripsian masalah nyata sampai kepada pengambilan kesimpulan dan validasinya pada masalah yang dirujuk.} }