@phdthesis{UNY73117, author = {Nur Faizal Adkha and Putu Sudira}, month = {July}, year = {2021}, school = {Program Pascasarjana}, title = {Mindfulness Guru pada Pembelajaran di Bidang Keahlian Tata Boga di SMK Daerah Istimewa Yogyakarta}, url = {http://eprints.uny.ac.id/73117/}, keywords = {mindfulness pembelajaran, tata boga, sekolah menengah kejuruan}, abstract = {Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aspek mindfulness pembelajaran pada guru dari tingkat kebaruan, kevariasian, kegembiraan, kebermaknaan dan kewaspadaan dalam pembelajaran untuk mengajarkan siswa kemampuan dalam bidang pekerjaan Tata Boga di SMK Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Tempat penelitian di SMK untuk Daerah Istimewa Yogyakarta. Waktu penelitian dari Oktober 2019 sampai Maret 2020. Populasi adalah 42 guru yang mengajar bidang keahlian Tata Boga. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga didapatkan 30 guru. Pengambilan sampel dengan cara random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kusioner/angket. Validitas dihitung dengan pengujian product moment dan reliabilitas dihitung dengan model Cronbach alpha dengan program SPSS 16.00. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terkait aspek mindfulness guru pada pembelajaran Tata Boga di SMK Daerah Istimewa Yogyakarta: (1) aspek kebaruan diberikan guru melalui persiapan, materi, metode, sumber belajar dan media pembelajaran dimana berhubungan dengan keterbukaan dalam kebaruan dan sikap beginner's mind yang sesuai dengan sifat atensi dalam pembelajaran Tata Boga di SMK DIY sudah baik; (2) aspek kevariasan dalam pembelajaran dapat dilakukan guru melalui persiapan, materi, metode, sumber belajar dan media pembelajaran dimana berhubungan dengan waspada dan sensitif terhadap perbedaan konteks dan perspektif pada pembelajaran Tata Boga di SMK DIY sudah baik; (3) aspek kegembiraan dilakukan guru dengan melalui metode dan media dimana merubah pola pikir pekerjaan menjadi permainan dan mengapresiasi momen sekarang pada pembelajaran di SMK DIY sudah sangat baik; (4) aspek kebermaknaan dilakukan guru melalui kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup dimana mengaitkan personal murid pada pembelajaran Tata Boga di SMK DIY sudah sangat baik; (5) aspek kewaspadaan yang dilakukan guru pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup dimana mendorong waspada dan sensitif pada perbedaan perspektif dan perhatian saat ini pada pembelajaran teori dan praktik Tata Boga di SMK DIY sudah sangat baik.} }