eprintid: 73080 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/30/80 datestamp: 2022-05-19 03:17:14 lastmod: 2022-05-19 03:17:14 status_changed: 2022-05-19 03:17:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Daryono, Rihab Wit creators_name: Hariyanto, V. Lilik title: Relevansi Kompetensi SMK Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) terhadap Kebutuhan DU/DI Jasa Konstruksi Bidang Usaha Jasa Perencanaan dan Pengawasan ispublished: pub subjects: D3 divisions: pps_teknik full_text_status: restricted keywords: Urgensi Kompetensi, Kelayakan Pembelajaran, Penguasaan Kompetensi Siswa, Relevansi Kompetensi, Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB). abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) tingkat kepentingan dari urgensi kompetensi, (2) klasifikasi kompetensi, (3) tingkat kelayakan pembelajaran, (4) tingkat penguasaan kompetensi, dan (5) tingkat relevansi kompetensi SMK kompetensi keahlian DPIB dengan kompetensi kerja yang dibutuhkan DU/DI jasa konstruksi bidang usaha jasa perencanaan dan pengawasan bidang usaha jasa perencanaan dan pengawasan. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang didukung data kualitatif menggunakan metode survey. Penelitian dilakukan di SMK kompetensi keahlian DPIB dan DU/DI jasa konstruksi bidang usaha perencanaan dan pengawasan di Provinsi Jawa Tengah. Subjek penelitian adalah kepala perusahaan, senior engineer, dan guru produktif SMK DPIB di Jawa Tengah. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Validitas instrumen menggunakan analisis faktor dengan metode Explanatory Factor Analysis (EFA), sedangkan teknik analisis data angket menggunakan statistik dekriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) urgensi kompetensi SMK kompetensi keahlian DPIB secara keseluruhan memperoleh persentase pencapaian sebesar 86,069% yang termasuk kategori sangat penting, (2) pengklasifikasian kompetensi antara kompetensi pada SMK kompetensi kelahlian DPIB terhadap kompetensi kerja yang dibutuhkan DU/DI jasa konstruksi bidang usaha perencanaan dan pengawasan terdapat 155 butir kompetensi sesuai kurikulum dan kebutuhan DU/DI jasa konstruksi bidang usaha jasa perencanaan dan pengawasan serta terdapat 26 butir kompetensi yang tidak terdapat dalam kurikulum SMK namun menjadi kebutuhan DU/DI jasa konstruksi bidang usaha jasa perencanaan dan pengawasan, (3) perolehan rata-rata data pencapaian tingkat kelayakan pembelajaran SMK DPIB sebesar 83,611% dalam kategori sangat memadai, (4) tingkat penguasaan kompetensi siswa pada SMK kompetensi keahlian DPIB sebesar 75,494% dalam kategori baik, dan (5) tingkat relevansi antara urgensi kompetensi terhadap kompetensi kerja yang dibutuhkan DU/DI jasa konstruksi bidang usaha jasa perencanaan dan pengawasan adalah 85,635% dalam kategori sangat relevan date: 2021-03-05 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan thesis_type: tesis referencetext: Abd, S. N. B., Ghazalan, M. S. B., Ahmad, W. M. R. B., Ismail, A. B., Harun, H. B., Ismail, M. E. B., Amiruddin, M. H. B., & Razali, & N. B. (2019). Level of Readiness to Become Entrepreneurs Among Lifelong Learning Programmes Participants in Malaysian Community Colleges. Journal of Technical Education and Training, 11(1). Retrieved from https://publisher.uthm.edu.my/ojs/index.php/JTET/article/view/3228 Akib, H., & Hamdan. (2015). Shapshot Daya Saing Indonesia Dalam Memasuki Era ASEA. Economic Community (AEC). Seminar Nasional: Revolusi Mental dan Kemandirian Bangsa Melalui Pendidikan Ilmuilmu Sosial dalam Menghadapi MEA 2015. 274-282 Ali, M. (2009). Pendidikan untuk Pembangunan Nasional. Jakarta:Grasindo. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah, Keadaan Ketenagakerjaan Jawa Tengah Agustus 2019 No. 78/11/Th. BPSXIII/ 05 November 2019. Badan Pusat Statistik, Berita Resmi Statistik: Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2019 No. 91/11/Th. XXII, 05 November 2019. Basuki, I. & Hariyanto. 2016. Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Billett, S. (2011). Vocational Education: Purpose, Traditions and Prospects. New York: Springer. Bruner, J. (1996). The Culture of Education, Cambridge. MA: Harvard University Press. Canning, R. (2012). The vocational curriculum in the lower secondary school:material and discursive practices. Curriculum Journal, 23(3), 327-343. http://dx.doi.org/10.1080/09585176.2012.703380 Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education (6th ed.). London, New York: Routllege Falmer. Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). Boston, MA: Pearson. 386 Daryono, R. W., Yolando, A. P., Jaedun, A., Hidayat, N. (2020). Competency of vocational schools required by construction industry in consultants’ supervisor. ICTVT 2019, Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing, 1456(012057). http://doi:10.1088/1742-6596/1456/1/012057 Devon, H. A., Block, M., Wright P. M. (2007). A Psychometric Toolbox for Testing Validity and Reliability. Journal of Nursing Scholarship, 39(2), 155-164. https://doi.org/ 10.1111/j.1547-5069.2007.00161.x Dewey, J. (1916). Democracy and Education: An Introduction to the Philosophy of Education. New York: Columbia University. Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan. Data Pokok SMK. Diambil pada tanggal Februari 2020 dari http://datapokok.ditpsmk.net. Diwangkoro, E., & Soenarto. (2020). Development of teaching factory learning models in vocational schools. ICTVT 2019, Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing, 1456(012046). http://doi:10.1088/1742- 6596/1456/1/012046 Djatmiko, I. W., Siswanto, B. T., Sudira, P., Hamidah, & Widarto. (2013). Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta: UNY Fakultas Teknik. Djojonegoro, W. (1998). Pengembangan Sumberdaya Manusia melalui SMK. Jakarta: PT. Jayakarta Agung Offset. Duenk, L. G., Ed. (1993). Improving Vocational Curriculum. Goodheart-Willcox Pub: West Taft Drive, South Holland. Dumo, M. R. R. (2018). Relevansi Kompetensi yang Dibutuhkan DU/DI Bidang Multimedia dengan Kompetensi Keahlian Multimedia SMK di Kabupetan Poso. Tesis, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Entika, C. L., Mohammad, S., Jabor, M. K., & Osman, & S. (2017). Preliminary Study on The Prominent Entrepreneurial Skills Set in the Context of Civil Engineering Practice. Journal of Technical Education and Training, 9(2). Retrieved from https://publisher.uthm.edu.my/ojs/index.php/JTET/article/view/1475 Fakhri, A. A., & Munadi, S. (2019). The Evaluation of Industrial Internship for Vocational School of Mechanical Engineering in Tegal. American Journal of Educational Research, (7)11. https://doi.org/10.12691/education-7-11-8 Fakhrunnisaa, N., & Munadi, S. (2019). Relevance of Multimedia Expertise Competency in Vocational Schools toward the needs of Business/Industrial World. Journal of Educational Science and Technology, (5)1. 58-66. https://doi.org/10.26858/est.v5i1.6923 387 Finch & Crunkilton. (1999). Curriculum development in vocational and technical education, planning, content, and implementation. Boston: Allyn & Bacon A Viacom Company. Garavan, T. N. & D. McGuire. (2001). Competencies and Work Place Learning: Some Reflections on the Rhetoric and Reality. Journal of Work-Place Learning, 13(4), 144-164. http://doi:10.1108/13665620110391097 Griffin D., & Herren, R.V. (1994) North Carolina’s First Pot Secondary Technical Institution: Past, Present, and Future. Unpublished Doctoral Publication, Universitas of Georgia, Athens. Hadi, S. (1986). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset. Hadi, S. (1989). Metodologi Research Jilid II. Yogyakarta: Andi Offset. Hadiwaratama. (2002). “Pendidikan Kejuruan, Investasi Membangun Manusia Produktif”. http:// kompas.com/kompas-cetak/0204/30/dikbud. Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis (7th Edition). Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall. https://doi.org/10.1016/j.jmva.2009.12.014 Harris, R. (1995). Competency-Based Education and Training: Between a Rock and Whirlpool. Melbourne: Macmillan Education Australia. Hartoyo, Laras, D., Soenarto. (2018). Survey on Integration of Expetise Competency Test into Teacher Certification Program of Productive Vocational Teachers. IC-ELINVO 2018, IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series, IOP Publishing, 1140(012011). http://doi:10.1088/1742-6596/1140/1/012011 Hasanah & Malik, N. M. (2015). Profil Kompetensi Kelistrikan Berdasarkan Klasifikasi dan Kualifikasi Industri untuk Pengembangan Pendidikan dan Latihan Kejuruan. Cakrawala Pendidikan, XXXIV(1). 78-88. Hazriyanto, H., & Ibrahim, & B. (2019). The Factor Analysis of Organizational Commitment, Job Satisfaction, and Performance Among Lecturers in Batam. Journal of Technical Education and Training, 11(1). Retrieved from https://publisher.uthm.edu.my/ojs/index.php/JTET/article/view/3163 Hidayat R., Zamri S. N. A. S., Zulnaidi H. (2018). Exploratory and Confirmatory Factor Analysis of Achievement Goals for Indonesian Students in Mathematics Education Programmes. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(12). https://doi.org/10.29333/ejmste/99173 388 Hogrefe & Huber (2003). Key Competencies for a Successful Life and a Well- Functioning Society. Cambridge : Hogrefe & Huber Publisher. Husain, M. Y. H., Mustapha, R., Malik, S. A., & Mokhtar, S. B. (2014). Review of Measurement Item of Engineering Students’ Learning Environment: Confirmatory Factor Analysis. Journal of Technical Education and Training, 6(1). Retrieved from https://publisher.uthm.edu.my/ojs/index.php/JTET/article/view/885 INSEAD, the Adecco Group, and Tata Communications. (2019). INSEAD (2019): The Global Talent Competitiveness Index 2019. Fontainebleau: France. Ismail, A. A., & Hassan, R. (2019). Technical Competencies in Digital Technology Towards Industrial Revolution 4.0. Journal of Technical Education and Training, 11(3). Retrieved from https://publisher.uthm.edu.my/ojs/index.php/JTET/article/view/3208 Ismail, A., Adnan, W. N., Masek, A., Hassan, R., Hashim, S., & Ismail, & M. E. (2019). Effectiveness of Entrepreneurship Programmes in Developing Entrepreneurship Skills Towards Quality TVET Graduates.Journal of Technical Education and Training, 11(1). Retrieved from https://publisher.uthm.edu.my/ojs/index.php/JTET/article/view/3222 Ismail, A., Hassan, R., Abu Bakar, A., Hussin, H., Mat Hanafiah, M. A., & Asary, & L. H. (2018a). The Development of TVET Educator Competencies for Quality Educator.Journal of Technical Education and Training,10(2). Retrieved from https://publisher.uthm.edu.my/ojs/index.php/JTET/article/view/2291 Ismail, K., Nopiah, M. Z., & Rasul, & M. S. (2018b). Challenges Faced by Vocational Teachers in Public Skills Training Institutions: A Reality in Malaysia. Journal of Technical Education and Training, 10(2). Retrieved from https://publisher.uthm.edu.my/ojs/index.php/JTET/article/view/1780 Jamaluddin, R., Ali, Hamid, M. H., Abd. Kadir, S., Kamis, A., & Mohamed, & S. (2019). Impact of Fashion Entrepreneurship Programme on Entrepreneurial Interests, Intention and Competencies. Journal of Technical Education and Training, 11(1). Retrieved from https://publisher.uthm.edu.my/ojs/index.php/JTET/article/view/3125 Johnson, B., & Christensen, Larry. (2004). Educational Research. Second edition. New York : Pearson. Joo, L. (2018). The Excellence of Technical Vocational Education and Training (TVET) Institutions in Korea: Yeungjin College Case Study. International Education Studies, 11(7), 136-154. http://dx.doi.org/10.5539/ies.v11n7p136 389 Kesai, P. (2018). Indonesia Position in the Globalization of Construction Industry. IOP Conf. Series: Journal of Physics Conf. WMA-Mathcomtech, Series 1114 Manap, N., Hassan, N. S., & Syahrom, & N. S. (2017). Preparation of Vocational College Graduates as Skilled Workforce in the Local Construction Industry. Journal of Technical Education and Training, 9(2). Retrieved from https://publisher.uthm.edu.my/ojs/index.php/JTET/article/view/1577 Menteri Pekerjaan Umum. (2006). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 31 tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional Menteri Pekerjaan Umum. (2011). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 09/PRT/M/2011 tentang Persyaratan Kompetensi untuk Subkualifikasi Tenaga Ahli dan Tenaga Terampil Bidang Jasa Konstruksi. Menteri Pekerjaan Umum. (2013). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 08/PRT/M/2013 tentang Pembagian Subklasifikasi dan Subkualifikasi Usaha Jasa Konstruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMK/MAK. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Lampiran I Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK Standar Kompetensi Lulusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Lampiran II Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK Standar Isi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Lampiran III Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK Standar Proses pembelajaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Lampiran IV Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK Standar Penilaian Pendidikan 390 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Lampiran V Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah 07/D.D5/KEP/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK). Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. (2009). Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor KEP.329/MEN/IX/2009 Tahun 2009 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Konstruksi Bidang Konstruksi Gedung dan Bangunan Sipil Sub Bidang Transportasi Jabatan Kerja Manajer Produksi Campuran Aspal Panas (Asphalt Mixing Plant Manager) Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. (2011). Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor KEP.06/MEN/I/2011 tentang penetapan SKKNI sektor konstruksi untuk jabatan kerja quantity surveyor. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. (2013). Keputusan Menteri Tenaga kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 374 Tahun 2013 Tentang Penetapan SKKNI Kategori Jasa Profesional, Ilmiah, dan Teknis Golongan Pokok Jasa Arsitektur dan Teknik Sipil, Analisis dan Uji Teknis Golongan Jasa Arsitektur dan Teknik Sipil serta Konsultasi Teknis YBDI Sub Golongan Jasa Arsitektur dan Teknik Sipil serta Konsultasi Teknik YBDI kelompok Usaha Jasa Arsitektur dan Teknik Sipil serta Konsultasi Teknis YBDI Jabatan Kerja Pelaksana Taman Bangunan dan Fasilitas Umum. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. (2013). Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 340 Tahun 2013 Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Konstruksi Golongan Pokok Konstruksi Gedung Golongan Konstruksi Gedung Sub Golongan Konstruksi Gedung Jabatan Kerja Pengawas Pekerjaan Struktur Bangunan Gedung. Muaini, Zamroni, Dwiningrum. (2019). The Concept of Vocational High School Development Industry Based in Central Lombok Regency. ICCOMSET 2018, IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series, IOP Publishing, 1179(012054). http://doi:10.1088/1742-6596/1179/1/012054 Murti, K., D. A. Sudjimat, & A. Nyoto. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 391 Oliva, P. F. (1989). Supervision for Today’s Schools, Part 3. 1st ed., New York: Harper & Row, 1976; 3rd ed., White Plains, N.Y.:Longman. Oliva, P. F. (1992). Developing the curriculum, third edition. New York: Harper Collins Publisher. Overtoom, C. (2000). Employability skills: An update. ERIC Digest. Orlosky, D. E., & Smith, B. O. (1978). Curriculum development: issues and insights. Chicago : Rand McNally College Pub. Co. Oyerinde, O. D., Onajite, O. G., & Aina, A.M. (2020). Competency Needs of Business Educators in Osun State Secondary Schools, Nigeria. International Education Studies, 13(2). 80-87. http://doi:10.5539/ies.v13n2p80 Pardjono, Suyanto, W., Sofyan, H., Wagiran. (2018). What do Vocational Teachers, Industries, and Experts View about the Future Learning of Vocational Schools?. International Conference on Indonesian Technical Vocational Education and Association (APTEKINDO 2018), (201). 250-255. https://dx.doi.org/10.2991/aptekindo-18.2018.55 Perdana. S., & Novrian. (2019). Analisis Permintaan dan Penawaran Lulusan SMK dalam Pemenuhan Pasar Tenaga Kerja. Refleksi Edukatika Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). 172-181 Periantalo, J. (2016). Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. PH. Slamet. (2013). Pengembangan SMK Model untuk Masa Depan. Cakrawala Pendidikan, 32(1). 14-26 PH. Slamet. (2016). Konstribusi Kebijakan Peningkatan Jumlah Siswa SMK Terhadap Pembangunan Ekonomi Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 35 (3). 301-311 Porter, M. E. (1990). The competitive advantage of nations. Competitive Intelligence Review, 1(1), 14. https://doi.org/10.1002/cir.3880010112 Prayitno, P. S., & Jaedun, A. (2018). Authentic Assessment Competence of Building Construction Teachers in Indonesian Vocational Schools. Journal of Technical Education and Training, 10(1). Retrieved from https://publisher.uthm.edu.my/ojs/index.php/JTET/article/view/2081 Presiden Republik Indonesia. (1990). Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Kejuruan. Presiden Republik Indonesia. (2012). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 08 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia: Jakarta 392 Prosser, C.A., & Quigly, T.H. (1950). Vocational Education in Democracy. Chacago: American Technical Society. Rahdiyanta, D., Nurhadiyanto, D., & Munadi, S. (2019). The Effects of Situational Factors in the Implementation of Work-Based Learning Model on Vocational Education in Indonesia. International Journal of Instruction, 12(3), 307-324. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12319a Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sekolah Menengah Kejuruan. Republik Indonesia. (2017). Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.. Robert S. Zais (1976). Curriculum: principles and foundations. New York : Harper & Row. Rojewski. J.W. (2009). A Conceptual Framework for Technical and Vocational Education and Training. In Rupert Maclean, David Wilson, Chris Chinien (Eds.), International handbook of education for the changing world of work, bridging academic and vocational learning (pp. 11-39). Bonn: Springer Science+Business Media. Saylor, J. G., Alexander, W. M., & Lewis, A. J. (1981). Curriculum Planning for Better Teaching and Learning, 4th ed. New York: Holt, Rinehart and Wmston. Schumacker, R. E., & Lomax, R. G. (2010). Structural Equation Modeling: Third Edition. New York: Taylor & Francis Group. Sern, Lai, C., Mohammed Adamu, H., & Mohd Salleh, & K. (2019). Development of Competency Framework for Nigerian TVET Teachers in Tertiary TVET Institutions. Journal of Technical Education and Training, 11(1). Retrieved from https://publisher.uthm.edu.my/ojs/index.php/JTET/article/view/3250 Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif:Dilekngkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Prenadamedia Group. Soenarto, S., Amin, M. M., & Kumaidi, K. (2017). Evaluasi implementasi kebijakan Sekolah Menengah Kejuruan program 4 tahun dalam meningkatkan employability lulusan. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 215-227. https://doi.org/10.21831/pep.v21i2.17076 Sofyan, H. (2018). Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. UNY Press: Yogyakarta. Stevens, J. (1992). Applied multivariate statistics for the social sciences (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates, Inc. 393 Suarta, I. M., Suwintana, I. K., Sudhana, I. G. P. F. P., & Hariyanti, & N. K. D. (2018). Employability Skills for Entry Level Workers: A Content Analysis of Job Advertisements in Indonesia.Journal of Technical Education and Training, 10(2). Retrieved from https://publisher.uthm.edu.my/ojs/index.php/JTET/article/view/2582 Subdirektorat Statistik Konstruksi. (2019). Direktori Perusaan Konstruksi: Buku II Pulau Jawa, bali, Nusa Tenggara, dan Kepulauan Maluku. BPS RI/BPS- Statistics Indonesia. Sudira, P. (2016). TVET ABAD XXI Filosof, Teori, Konsep, dan Strategi Pembelajaran Vokasional. Yogyakarta: UNY Press. Sudira, P. (2018). Pembelajaran Vokasional Abad XXI: Inovasi Teori dan Praksis. Yogyakarta: UNY Press. Sudirman. (2019). The 21st-Century Teacher: Teacher’s Competence Within the Character Education Framework Towards a Cultural-Oriented Development and Promoting Tolerance. International Education Studies, 2(4), 21-25. https://doi:10.5539/ies.v12n8p21 Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung. Sukardi, & Wardana, L. A. (2016). The study of service quality and competitiveness of secondary education in West Sumbawa. Management, 785(853). https://doi.org/10.2991/icse-15.2016.86 Sukardi, Wildan, & Fahrurrozi, M. (2019). Vocational Education: A Missing Link for the Competitive Graduates?. International Education Studies, 12(11), 26- 35. https://doi.org/10.5539/ies.v12n11p26 Sukardi. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Edisi Revisi. Bumi Aksara: Jakarta. Supriadi, D. (1998). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa. Suwarsono & Hadi S. P, (2016). Relevansi Kurikulum Teknik Gambar Bangunan SMKN 3 Yogyakarta dengan Kebutuhan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), 359-372. Taba, H. (1962). Curriculum Development: Theory and Practice. New York: Harcourt Brace Jovanovich. The Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). (2015). ASEAN Economic Community Blueprint 2025. The ASEAN Secretariat: Jakarta. 394 Thompson, J. F. (1973). Foundation of Vocational Education social and philosophical concepts. New Jersey: Prentice-Hall, Inc. Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. San Francisco: Jossey-Bass. Triyono, M. B. (2015). The Indicators of Instructional Design for E- learning in Indonesian Vocational High Schools. Procedia-Social and Behavioral Sciences 204. doi:10.1016/j.sbspro.2015.08.109 Triyono, M. B., Trianingsih, L., & Nurhadi, D. (2018). Students’ employability skills for construction drawing engineering in Indonesia. World Transactions on Engineering and Technology Education, (16)1. 29-35 Tyler, R. W. (1949). Basic Principles of Curriculum and Instruction. Chicago: University of Chicago Press. United Nations Development (UND). (2019). Human Development Report 2019, Beyond income, beyond averages, beyond today: Inequalities in human development in the 21st century. AGS: United Nations Development Programme 1 UN Plaza, New York, NY 10017 USA Usman, H., & Akbar., P. S. R. (2015). Pengantar Statistika Edisi Kedua. PT. Bumi Aksara: Jakarta. Wagiran. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan (Teori dan Implementasi). Yogyakarta: Deepublish. Wenrich, R. C. (1974). Leadership in Administration of Vocational Education. Columbus, Ohio: Charles E. Merrill Pub. Co. Widarto, Pardjono, & Widodo, Noto. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Soft Skills dan Hard Skills untuk Siswa SMK, Cakrawala Pendidikan, XXXI(3), 409-423. Wilson D. (2019). Relevance Theory (Oxford Research Encyclopedia). 1-27. DOI:10.1093/acrefore/9780199384655.013.201 Woo, H., Kim, W., Yi, Y., & Yoon, G. (2018). Examining Training Performance of TVET Trainers with/without TVET Certificate in The Republic of Korea. Journal of Technical Education and Training, 10(2). Retrieved from https://publisher.uthm.edu.my/ojs/index.php/JTET/article/view/3070 World Economic Forum. (2019). Insight Report: The Global Competitiveness Report 2019. World Economic Forum: Switzerlan. 395 Yudantoko, A., & Arifin, Z. (2016). Profil Kompetensi Dunia Kerja Bidang Perbaikan Bodi Otomotif dan Tingkat Relevansinya dengan Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(2), 127-142. https://http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv Yunos, J. M., Rubani, S. N. K., Alias, M., Sumarwati, S., Yunus, F. A. N., Hamid, H., & Rizal, F. (2019). Vocational Pedagogical Decisions of Malaysian and Indonesian non-Engineering TVET Teachers. Journal of Technical Education and Training, 11(3). Retrieved https://publisher.uthm.edu.my/ojs/index.php/JTET/article/view/3238 from citation: Daryono, Rihab Wit and Hariyanto, V. Lilik (2021) Relevansi Kompetensi SMK Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) terhadap Kebutuhan DU/DI Jasa Konstruksi Bidang Usaha Jasa Perencanaan dan Pengawasan. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/73080/1/tesis-rihab%20wit%20daryono-19702251025.pdf