%D 2022 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %T Tingkat Keterlaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Luar Biasa Se-Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul, DI. Yogyakarta %L UNY73052 %X Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya guru yang mengajar pendidikan jasmani di sekolah luar biasa (SLB) se-Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul, DI. Yogyakarta yang berlatarbelakang pendidikan jasmani. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan pendidikan jasmani adaptif di sekolah luar biasa (SLB) se-Kecamatan Jetis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dengan instrument angket yang terdiri dari faktor perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru sekolah luar biasa (SLB) PGRI Trimulyo yang berjumlah 11 guru. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa tingkat keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah luar biasa (SLB) se-Kecamatan Jetis secara keseluruhan menunjuk pada kategori sangat rendah 0%, rendah 45,46%, sedang 27,27%, tinggi 18,18% dan sangat tinggi 9,09%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa tingkat keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah luar biasa (SLB) se-Kecamatan Jetis belum terlaksana dengan baik. %A Fajar Lestari %K keterlaksanaan, pembelajaran, pendidikan jasmani adaptif, Sekolah Luar Biasa (SLB) %O Dosen Pembimbing: Dr. Sugeng Purwanto, M.Pd.