TY - THES A1 - Budiyanto, Budiyanto A1 - Suyanto, Wardan PB - Program Pascasarjana Y1 - 2020/02/24/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program sertifikasi kompetensi melalui LSP P-1 SMK di Kabupaten Klaten. Evaluasi pelaksanaan program sertifikasi kompetensi peserta didik ditinjau dari: (1) aspek context; (2) aspek input; (3) aspek process; (4) aspek product. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi (evaluation research) model CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian ini dilaksanakan pada 4 (empat) SMK di Kabupaten Klaten yang sudah memiliki lisensi LSP P-1. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah sebagai dewan pembina, ketua LSP, sekretaris, bendahara, manajer sertifikasi, ketua komite skema, kepala TUK, dan asesor di SMK Kabupaten Klaten yang berjumlah 71 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Uji validitas dengan validasi isi yaitu expert judgement dan valitidas kontruk dihitung dengan Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan sertifikasi kompetensi melalui LSP P-1 di SMK Kabupaten Klaten ditinjau dari relevansi aspek context termasuk dalam kategori sangat sesuai (85,5%), yaitu relevan dengan kebijakan dan tujuan uji sertifikasi kompetensi; (2) Pelaksanaan sertifikasi kompetensi melalui LSP P-1 di SMK Kabupaten Klaten ditinjau dari relevansi aspek input termasuk dalam kategori sangat sesuai (89,23%), yaitu memenuhi kriteria asesor, kelengkapan perangkat asesmen, tempat uji kompetensi, dan sarana prasarana uji kompetensi; (3) Pelaksanaan sertifikasi kompetensi melalui LSP P-1 di SMK Kabupaten Klaten ditinjau dari kesesuaian aspek proses termasuk dalam kategori sangat sesuai (89,83%), yaitu kesesuaian prosedur pelaksanaan, alokasi waktu, persiapan, dan sistem penilaian dalam uji sertifikasi kompetensi; (4) Pelaksanaan sertifikasi kompetensi melalui LSP P-1 di SMK Kabupaten Klaten ditinjau dari ketercapaian aspek product termasuk dalam kategori sangat tinggi (79,97%), yaitu ketercapaian dari segi segi hasil sertifikasi kompetensi, produk uji, dan sertifikat kompetensi. UR - http://eprints.uny.ac.id/73039/ M1 - tesis ID - UNY73039 AV - restricted KW - evaluasi KW - CIPP KW - sertifikasi kompetensi KW - LSP P-1 TI - Evaluasi Pelaksanaan Program Sertifikasi Kompetensi Melalui LSP P-1 SMK di Kabupaten Klaten. ER -