TY - THES Y1 - 2022/05/13/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Monopoli Keragaman Indonesia yang layak digunakan sebagai media pembelajaran IPS materi Keragaman di Indonesia kelas IV SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis Research and Development (R&D). Pengembangan yang dilakukan dari Borg & Gall dengan 5 langkah dari 10 langkah pengembangan yang ada terdiri dari pengumpulan informasi, perencanaan, mengembangkan format produk awal, melakukan uji coba awal/terbatas, dan melakukan revisi terhadap produk. Subjek peneliti ini berjumlah 12 siswa kelas IV SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Monopoli Keragaman Indonesia yang dihasilkan dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam materi Keragaman di Indonesia untuk siswa kelas IV SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta. Kelayakan media Monopoli Keragaman Indonesia ini dapat dilihat dari: 1) hasil validasi ahli materi layak (4,2) hasil validasi ahli media sangat layak (4,47) , dan 3) hasil uji kepraktisan oleh guru sangat layak (4,40) , dan hasil uji kepraktisan oleh siswa sangat layak (4,82). Kata Kunci: Mengembangkan Media, Monopoli Keragaman Indonesia, Siswa Sekolah Dasar PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Lubis, Armelia Rahmi ID - UNY73025 M1 - skripsi AV - restricted TI - PENGEMBANGAN MONOPOLI PEMBELAJARAN IPS KERAGAMAN INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI KOTAGEDE 1 YOGYAKARTA UR - http://eprints.uny.ac.id/73025/ ER -