%0 Thesis %9 S1 %A Nabila, Annisa Shidqi %B PGSD %D 2022 %F UNY:73021 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I %U http://eprints.uny.ac.id/73021/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD berbasis proyek yang layak dan praktis untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Adapun langkah pengembangan terdiri atas: 1) define; 2) design; 3) develop; dan 4) disseminate. Karena keterbatasan peneliti, penelitian dan pengembangan ini hanya sampai pada tahap develop. Pada tahap develop dilakukan validasi ahli materi dan ahli media. Kemudian dilakukan uji kepraktisan menurut respon guru dan siswa. Subjek uji coba, yaitu 3 siswa pada uji coba terbatas, dan 20 siswa pada uji coba implementasi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD berbasis proyek yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan dan kepraktisan. Hal ini dibuktikan melalui: 1) hasil validasi ahli materi mendapat skor 101 dengan rata-rata 3,6 (sangat layak); 2) hasil validasi ahli media mendapat skor 110 dengan rata-rata 3,9 (sangat layak); 3) hasil uji respon guru mendapat skor 155 dengan rata-rata 3,88 (sangat layak); 4) hasil uji coba terbatas mendapat skor 120 dengan rata-rata 4,0 (sangat layak); dan 5) hasil uji coba implementasi mendapat skor 771 dengan rata-rata 3,9 (sangat layak). Kata kunci: LKPD, pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar