%0 Thesis %9 S2 %A Amirrudin, Muhammad %A Harun, Harun %B Penelitian dan Evaluasi Pendidikan %D 2021 %F UNY:73010 %I Program Pascasarjana %K evaluasi, karakter pokok, kolaborasi, Penguatan Pendidikan Karakter berbasis Masyarakat. %T Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter berbasis Masyarakat Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Daerah Istimewa Yogyakarta. %U http://eprints.uny.ac.id/73010/ %X Penelitiain ini dilatarbelakangi adanya kebijakan program Penguatan Pendidikan Karakter berbasis Masyarakat di Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu;Mendapatkan data dan informasi mengenai pelaksanaan program Penguatan Pendidikan Karakter berbasis Masyarakat (PPK-BM) di SMP IP Bantul, SMP Tumbuh dan SMP N 1 Kota Yogyakarta pada aspek konteks (context), masukan(input) proses(process), dan produk(product) Penelitian ini menggunakan pendekatan Decision-oriented Evaluation dengan mengadopsi model Evaluasi CIPP. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey dan wawancara yang kemudian diolah dengan menggunakan teknik analisisi deskriptif kuantitatif. Objek survei adalah seluruh penanggung jawab program PPK-BM di SMP IP Bantul, SMP Tumbuh dan SMP N 1 Yogyakarta melalui wawancara dan survei serta dari tambahan hasil survei 203 SMP lain terhadap dengan penanggung jawab program PPK-BM. Kesimpulannya adalah bahwa di SMP IP Bantul, SMP Tumbuh dan SMP N 1 Kota Yogyakarta dan 203 SMP yg lain, pada tahap Context program PPK-BM mendapat kategori “Sangat Baik”. Catatanya tidak ada sumber pendanaan yang baku, tidak adanya keluwesan dalam penetapan karakter pokok dan perencanaan tidak ditulis dengan baik. Pada tahap Input berada dalam kategori “Sangat Baik”, terutama karena keluwesan administrasi. Pada tahap Process mendapat kategori “Baik”, catatannya penyelenggara program enggan untuk menyiapkan instrumen monitoring dan instrumen evaluasi program. Pada tahap Product mendapat kategori “Sangat Baik”. Catatan pada keberlangsungan kolaborasi masyarakat dan kontribusi dalam pengawasan praktik baik karakter.