eprintid: 73001 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/30/01 datestamp: 2022-05-11 06:09:12 lastmod: 2022-05-11 06:09:12 status_changed: 2022-05-11 06:09:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Puspitaningratri, Irena creators_name: Suranto, Suranto title: Penilaian Kinerja Guru Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK di Kabupaten Kulon Progo. ispublished: pub subjects: D0 divisions: pps_lit_evazdik full_text_status: restricted keywords: Evaluasi, Kinerja guru, Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Guru Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK di Kulon Progo berdasarkan tugas utama guru. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif melalu i pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah guru Mata Pelajaran PKK Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK di Kulon Progo. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah 4 guru PKK, 4 Kepala sekolah, 8 Teman sejawat, dan 123 Peserta didik dari SMK Negeri 1 Samigaluh, SMK Negeri 1 Girimulyo, SMK Negeri 1 Kokap, dan SMK Negeri 1 Pengasih. Penilaian kinerja guru ditinjau dari tugas utama guru, yaitu: tugas guru mendidik, tugas guru mengajar, tugas guru membimbing, tugas guru mengarahkan, tugas guru melatih, tugas guru menilai dan mengevaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian in i adalah lembar penilaian, pedoman wawancara terstruktur, dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial Manova (Multivariate Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru PKK SMK di Kulon Progo didasarkan tugas utama guru termasuk dalam kategori baik. Guru PKK menilai dirinya kinerja dirinya sendiri sebesar 82,1 atau masuk dalam kategori baik. Kepala sekolah menilai kinerja Guru PKK sebesar 89,8 atau masuk dalam kategori baik. Teman Sejawat menilai kinerja Guru PKK sebesar 89,2 atau masuk dalam kategori baik. Peserta didik menilai kinerja Guru PKK sebesar 82,1 atau masuk dalam kategori baik, hasil uji manova menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara penilaian yang dilakukan oleh peserta didik dari 4 sekolah yang dijadikan tempat penelitian. Secara keseluruhan kinerja guru PKK Kompetensi Keahlian Akuntansi da Keuangan Lembaga SMK di Kulon Progo menurut semua penilai masuk dalam kategori baik. date: 2021-08-09 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan thesis_type: tesis referencetext: Aguinis, H. (2013). Performance Manajement. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). Ananda, A. F., & Mukhadis, A. (2016). Production unit as edupreneurship, cooperation business and industrial world with the school for the development of vocational student entrepreneurship mindset. AIP Conference Proceedings, 1778. https://doi.org/10.1063/1.4965782 Armstrong, M., & Taylor, S. (2014). ARMSTRONG’S HANDBOOK OF HUMAN RESOURCE MANAGEMENT PRACTICE (13th ed.). Ashford Colour press Ltd. https://e- uczelnia.uek.krakow.pl/pluginfile.php/604792/mod_folder/content/0/Armstro ngs Handbook of Human Resource Management Practice_1.pdf?forcedownload=1 Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar. Badan Pusat Statistik. (2020). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia (Vol. 19, Issue 86). Bahroni, F. N. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausaan di Kelas XI Jasa Boga SMK Negeri 7 Malang. Universitas Muhammadiyah Malang. Basri, & Akmaluddin. (2020). EVALUASI PROFESIONALISME GURU. Journal of Education Science (JES), 6(1), 75–85. Bichi, A. A. (2017). Evaluation of teacher performance in schools: Implication for sustainable development goals. Nortwest Journal of Education Studies, 2(1), 103–113. Dal Corso, L., De Carlo, A., Carluccio, F., Girardi, D., & Falco, A. (2019). An Opportunity to Grow or a Label? Performance Appraisal Justice and Performance Appraisal Satisfaction to Increase Teachers’ Well-Being. Frontiers in Psychology, 10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02361 David, K., Penaluna, K., McCallum, E., & Usei, C. (2017). Embedding entrepreneurial skills development in teacher education. Entrepreneurial Learning City Regions: Delivering on the UNESCO 2013, Beijing Declaration on Building Learning Cities, 319–340. https://doi.org/10.1007/978-3-319-61130-3_19 100 Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003). Dwi Riyanti, B. P., Sandroto, C. W., & Warmiyati D.W, M. T. (2016). Soft Skill Competencies, Hard Skill Competencies, and Intention to Become Entrepreneur of Vocational Graduates. International Research Journal of Business Studies, 9(2), 119–132. https://doi.org/10.21632/irjbs.9.2.119-132 Fejes, A., Nylund, M., & Wallin, J. (2019). How do teachers interpret and transform entrepreneurship education? Journal of Curriculum Studies, 51(4), 554–566. https://doi.org/10.1080/00220272.2018.1488998 Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (5th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Fiore, E., Sansone, G., & Paolucci, E. (2019). Entrepreneurship Education in a Multidisciplinary Environment: Evidence from an Entrepreneurship Programme Held in Turin. Administrative Sciences, 9(1), 28. https://doi.org/10.3390/admsci9010028 Gupta, N. (2021). Threat or opportunity ? A case study of digital-enabled redesign of. 1–30. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2020.120565 Harris, A., & Jones, M. (2019). Teacher leadership and educational change. School Leadership and Management , 39(2), 123–126. https://doi.org/10.1080/13632434.2019.1574964 Husein, L. (2017). Profesi Keguruan: Menjadi Guru Profesional. Pustaka Baru Press. Hwang, Y. S., Bartlett, B., Greben, M., & Hand, K. (2017). A systematic review of mindfulness interventions for in-service teachers: A tool to enhance teacher wellbeing and performance. Teaching and Teacher Education, 64, 26–42. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.01.015 Ikramullah, M., Shah, B., Khan, S., Ul Hassan, F. S., & Zaman, T. (2012). Purposes of Performance Appraisal System: A Perceptual Study of Civil Servants in District Dera Ismail Khan Pakistan. International Journal of Business and Management, 7(3), 142–151. https://doi.org/10.5539/ijbm.v7n3p142 Iskandar, A. (2018). Teknik Analisis Validitas Konstruk dan Reliabilitas Instrumen Test dan Non Test dengan Software LISREL. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/nbhxq 101 Ismail, H. N., & Rishani, M. (2018). The Relationships Among Performance Appraisal Satisfaction, Career Development and Creative Behavior. The Journal of Developing Areas, 52(3), 109–124. https://doi.org/10.1353/jda.2018.0040 Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan potensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan, 13(1), 44–63. Jaedun, A., Hariyanto, V. L., & Raharjo, N. E. (2017). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PRODUKTIF BERMUATAN WIRAUSAHA. Jurnal Kependidikan, 1, 125–138. Jaedun, A., Omar, M. K., Kartowagiran, B., & Istiyono, E. (2020). A precedence evaluation of demand and supply between vocational high school graduates and workforce requirement in Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 24(1), 27–38. https://doi.org/10.21831/pep.v24i1.29580 Jones, A. (2018). Vocational Education for the Twenty-First Century. Melbourne: LH Martin Institute, University of Melbourne, 11. Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (teori dan praktek). Prestasi Pustaka. Kemdikbud. (2016). Pedoman Pengelolaan Penilaian Kinerja Guru tahun 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah, (2016). Kemdikbud. (2018). Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor: 07/D.D5/Kk/2018 Tentang Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (Smk)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (Mak). http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/3824/struktur-kurikulum-smk-perdirjen- dikdasmen-no-07dd5kk2018-tanggal-7-juni-2018 Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. (2019). Professional ethics and teacher teaching performance: Measurement of teacher empowerment with a soft system methodology approach. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(4), 611–624. Lindner, J. (2018). Entrepreneurship Education for a Sustainable Future. Discourse and Communication for Sustainable Education, 9(1), 115–127. https://doi.org/10.2478/dcse-2018-0009 Listiningrum, H. D., Wisetsri, W., & ... (2020). Principal’s Entrepreneurship Competence in Improving Teacher’s Entrepreneurial Skill in High Schools. 102 Journal of Social ..., 1(1), 87–95. http://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/20 Morselli, D. (2019). Correction to: The Change Laboratory for Teacher Training in Entrepreneurship Education. https://doi.org/10.1007/978-3-030-02571- 7_8 Muhson, A. (2004). Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.21831/jep.v1i2.665 Mulyasa. (2018). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya. Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, & Martinus Budiantara. (2017). Dasar-Dasar Statistika Penelitian. Sibuku Media. http://lppm.mercubuana- yogya.ac.id/wp-content/uploads/2017/05/Buku-Ajar_Dasar-Dasar-Statistik- Penelitian.pdf Obasi, K. K., & Ohia, A. N. (2018). Teacher performance evaluation techniques in public and private secondary schools in south east Nigeria. Global Journal of Educational Research, 13(2), 117. https://doi.org/10.4314/gjedr.v13i2.8 Öqvist, A., & Malmström, M. (2018). What motivates students? A study on the effects of teacher leadership and students’ self-efficacy . I nt ernational Journal of Leadership in Education, 21(2), 155–175. https://doi.org/10.1080/13603124.2017.1355480 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, 1 (2005). Permendiknas. (2010). Permendiknas No 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Pianda, D. (2018). Kinerja Guru, Kompetensi Guru, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jejak. Priestley, M., & Philippou, S. (2019). Curriculum is–or should be–at the heart of educational practice. Curriculum Journal, 30(1), 1–7. https://doi.org/10.1080/09585176.2019.1598611 Ratten, V. (2020). Coronavirus (Covid-19) and the entrepreneurship education community. Journal of Enterprising Communities, 14(5), 753–764. https://doi.org/10.1108/JEC-06-2020-0121 Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing. 103 Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian. Alfabeta. Rusdiana. (2018). Kewirausahaan Teori dan Praktik. Pustaka Setia. Sari, R. (2017). Evaluasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Tingkat Sekolah Dasar Se-Kota Jayapura. Universitas Negeri Yogyakarta. Seema, S., Bibi, W., Un, W., Faizi, N., & Faizi, U. N. (2020). Implementation of Assessment for Learning and the Need for Teachers Refreshing Trainings. 23(5), 1–6. Setiawati, T., & Karpin. (2018). Produk Kreatif dan Kewirausahaan. E-Journal Ristekdikti Dan PPG Universitas Pendidikan Indonesia. Sinambela, L. P. (2017). Manajemne Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Steinberg, M. P., & Kraft, M. A. (2017). The Sensitivity of Teacher Performance Ratings to the Design of Teacher Evaluation Systems. Educational Researcher, 46(7), 378–396. https://doi.org/10.3102/0013189X17726752 Steinmetz, A. (1983). The Discrepancy Evaluation Model. In Evaluation Models (pp. 127–143). Kluwer Academic Publishers. https://doi.org/10.1007/0-306- 47559-6_7 Steinmetz, A. (2005). The Discrepancy Evaluation Model. In Evaluation Models (Vol. 7, Issue 1, pp. 127–143). Kluwer Academic Publishers. https://doi.org/10.1007/0-306-47559-6_7 Suarya, G. N. D., Santiyadnya, N., & Arsa, I. P. S. (2018). Studi Evaluasi Profesionalisme Guru Prakarya Dan Kewirausahaan Ditinjau Persepsi Siswa XI MIA SMAN 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(1), 20–30. Sujiyo. (2013). Evaluasi Kinerja Guru Pendidika Agama Islam Sekolah Dasar Negeri Se Kabupaten Kulon Progo. Universitas Negeri Yogyakarta. Sukanti. (2015). Peran Penilaian Kinerja Guru dalam Pengembangan Profesi Pendidik. In File Bidang Penelitian Staff UNY (Issue 1). Supardi. (2013). Kinerja Guru. RajaGrafindo Persada. Suranto. (2012). Peningkatan Mutu Pendidikan Kejuruan Berorientasi Pasar Kerja Melalui Uji Kompetensi Keahlian. Efisiensi Kajian Ilmu Administrasi, XII. Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran. Bumi Aksara. citation: Puspitaningratri, Irena and Suranto, Suranto (2021) Penilaian Kinerja Guru Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK di Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/73001/1/tesis-irena%20puspitaningratri-18701251017.pdf