%T Evaluasi Kinerja Guru Seni Budaya dalam Menerapkan Kurikulum 2013 di SMP Negeri Yogyakarta %D 2020 %I Program Pascasarjana %A Siti Khodijah Lubis %A Trie Hartiti Retnowati %K evaluasi, kinerja guru, seni budaya, sekolah menengah pertama %X Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja guru seni budaya dalam menerapkan kurikulum 2013 di SMP Negeri Yogyakarta yang meliputi kesesuaian latar belakang pendidikan guru dengan aspek seni yang diajarkan, kinerja guru dalam: 1) membuat RPP, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) penilaian, dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model evaluasi Countenance Stake yang terdiri dari tiga tahap yaitu: antecedent, transaction, outcome dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 4 guru dan 130 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, observasi dan kuesioner. Validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan Cohen Kappa. Teknik analisis data menggunakan kriteria rerata ideal dari Djemari. Kesimpulan penelitian: Aspek antecedent meliputi kesesuaian antara latar belakang pendidikan guru dengan aspek seni yang diajarkan guru termasuk kategori baik. Kinerja guru membuat RPP seni budaya termasuk kategori sangat baik. Aspek transaction meliputi kinerja guru seni budaya yang mengajar aspek seni sesuai dengan latar belakang pendidikan guru termasuk kategori sangat baik. Sedangkan kinerja guru seni budaya yang mengajar aspek seni tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan guru termasuk kategori baik. Kinerja guru dalam membuat penilaian pembelajaran termasuk kategori sangat baik. Aspek outcome dengan melihat hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) sebesar 14% belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. %L UNY72996