eprintid: 72985 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/29/85 datestamp: 2022-05-10 06:48:18 lastmod: 2022-05-10 06:48:18 status_changed: 2022-05-10 06:48:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Afifah, Indah Indi creators_name: Jaedun, Amat title: Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP. ispublished: pub subjects: D0 divisions: pps_lit_evazdik full_text_status: restricted keywords: penilaian, keterampilan berpikir kritis, teori respon butir abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keterampilan berpikir kritis matematika siswa SMP dan kualitas butir soal yang digunakan untuk melakukan penilaian terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri yang ada di Kabupaten Lombok Barat Adapun waktu penelitian direncanakan pada bulan Januari sampai Maret tahun 2020. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 8 di SMP Negeri se-Kabupaten Lombok Barat. Sampel diambil menggunakan stratified proportional random sampling. Ukuran sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin, yakni minimal sampel 282 siswa. Untuk menghindari ketidaktelitian karena kesalahan pengambilan sampel, maka sampel diambil sebanyak 589 siswa dari 7 sekolah yang berbeda. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan tes, dengan instrumen pengumpulan meliputi soal keterampilan berpikir kritis berbentuk uraian, kunci jawaban soal, dan pedoman/rubric penskoran. Instrumen tersebut divalidasi oleh tiga dosen ahli dan selanjutnya dihitung dengan rumus Aiken’s. Hasil uji coba digunakan untuk melihat validitas konstruk dengan EFA dan reliabilitas instrumen. Hasil penelitian dianalisis menggunakan teori respon butir, dengan model General Partial Credit Model (GPCM) dengan pendekatan 2 parameter logistic (2 PL) berbantuan program R dan Winstep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas butir soal yang digunakan untuk menilai keterampilan berpikir kritis matematika siswa SMP sudah memenuhi standard validitas dan reliabilitas yang baik. Lebih lanjut semua butir soal tersebut juga memiliki tingkat kesukaran dan daya beda yang baik. Adapun fungsi informasi butir sudah valid setelah dibandingkan dengan grafik fungsi informasi standard yang sudah dinyatakan kevalidannya. Selanjutnya terkait tingkat keterampilan berpikir kritis matematika SMP diketahui bahwa dari 589 sampel, siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis pada kategori sangat tinggi 9,34%, kategori tinggi 34,63% kategori sedang 36,84%, kategori rendah sekitar 13,58% dan hanya terdapat 5,60% siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis sangat rendah. Jika dilihat dari masing-masing indikator dapat diketahui bahwa tingkat berpikir krtitis siswa masih pada tingkat analisis. date: 2020-12-07 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan thesis_type: tesis referencetext: Allen, MJ., & Yen, WM. (1979). Introduction to Measurement Theory. Monterey, CA: Brooks/Cole Publishing Company. Allen, M.J., & Yen, W. M. (2002). Introduction to Measurement Theory. Long Grove, IL: Waveland Press. Anderson L.R, Krathwohl D.R, et al. (2010). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. A Bridged Edition. New York: Longman. Angelo. T. A. (1995). Classroom Assessment for Critical Thinking. Teaching of Psycology. 6-7. Ariandari, W.P. (2015). Mengintegrasikan Higher Order Thingking dalam Pembelajaran Creative Problem Solving. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015. Universitas Negeri Yogyakarta. Arifin, Zaebal. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Universitas Majalengka. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) Vol. 1 No. 2. Hal 92-100 Azizah, M. Sulianto, J., dan Cintang, N. (2008). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol.35 No.1, hal 61-68 Azwar, Saifuddin. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Azwar, Saifuddin. (2017). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bond, T. G., & Fox, C. M. (2015). Applying the rasch model fundamental measurement in the human science (3th edition). New York: Routledge. Boone, W. J., Staver J. R., & Yale, M. S., (2014). Rasch analysis in the human science. Netherlands: Dordrecht. Carson, J. (2007). A Problem Solving: Teaching Thinking Without Teaching Knowledge. The Mathematic Educator. Vol 17, No 2, Hal 7-14. Chotimah, N.H. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif (MPG) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa di Kelas X pada SMA Negeri 8 Palembang. Skripsi. Universitas PGRI Palembang. Chukwuyenum, A. N. (2013). Impact of Critical Thinking on Performance in 163 Mathematics among Senior Secondary School Students in Lagos State. Nigeria, Lagos State : IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME). Volume 3, Issue 5, page 18-25. Costello, A. B., & Osborne, J. W. (2005). Best practice in exploratory factor analysis: for recommendations for getting the most from your analysis. Practical Assessment Research & Evaluation, 10(7), 1-9. http://pareonline.net/getvn.asp?v=10&n=7 Damanik, D. P. & Bukit, N. (2013). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training (IT) dan Direct Instruction (DI). Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 2(1), 16-24. Danial, M., Gani, T., & Husnaeni, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Journal Educational Science and Technology. Vol. 3 NO. 1. DOI:https://doi.org/10.26858/est.v3i1.3509. Data hasil Ujian Nasional untuk Semua Mata Pelajaran di akses di https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_nasional!99&99 &999!T&T&T&T&1&!1!&/ pada tanggal 24 April 2019 Data Jumlah Rombel dan Jumlah Siswa SMP di Kabupaten Lombok Barat di akses di laman https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/pd/3/230105 pada tanggal 19 November 2019 Denis, John. (2018). Assessment in Music: A Practitioner Introduction to Assessing Students. National association for music education. Vol. 36(3) 20– 28. DOI: 10.1177/8755123317741489. Du Toit, M. (2003). IRT from SSi: BILOG-MG, MULTILOG, PARSCALE,TESFACT. Lincolnwood : SSi. Ennis, R.H. (1985). A Logical Basic for Measuring Critical Thinking Skills. Educational Leadership, 43(2): 44-48. Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Retrived from http://faculty.education.illinois.edu/rhennis/documents/TheNatureofCriticalThin king_51711_000.pdf. Fais, Fahruddin. (2012). Thinking Skill: Pengantar Menuju Berpikir Kritis. Yogyakarta: Suka Press. 164 Fatmawati, Harlinda, dkk. (2014). Analisis Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat.. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol.2, No.9, hal 899-910. Fauzi, Mochammad. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif. Semarang : Walisongo Press. Firdaus, Ismail Kailani, Md. Nor Bin Bakar, and Bakry. (2015). Developing Critical Thinking Skills of Students in Mathematics Learning. Journal of Education and Learning. Vol. 9(3), 226-236. Foresman, Galen A., Fosl, Peter S., and Watson, Jamie C. (2017). The Critical Thinking Toolkit. New Delhi, India : Library of Congress Cataloging-in- Publication Data. 4-5 Girod, Robert J. (2015). Logical Investigative Methods, Critical Thinking and Reasoning for Successful Investigations. United Stated : CRC Press Taylor & Francis Group. Hambleton, R.K. & Swaminathan, H. (1985). Item Respon Theory. Boston, MA: Kluwer Inc. Hambleton, R.K., Swaminathan, H., & H.J. (1991). Fundmental of Item Response Theory. Newbury Park, CA: Sage Publication Inc. Jacob, S.M. (2012). Mathematical Achievement and Critical Thinking Skills in Asynchronous Discussion Forums. Procedia Social and Behavioral Sciences, 31: 800 – 804. Johnson, E. B. (2010). Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa. Karakoc, M. (2016). The Significance of Critical Thinking Ability in terms of Education. International Journal of Humanities and Social Science, 6 (7): 82. Kholid, Idham. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematika. Thesis. UIN Malang. Kurfiss, J. G. (1998). Critical Thinking: Theory, research, practice, and possibilities. (ASHE-ERIC Higher Education Rrport No. 2). Association for the Study of Higher Education. Retrived from http://www.eric.ed.gov/PDFS/ED304041.pdf. Lambertus. (2009). Pentingnya Melatih Kete-rampilan Berpikir Kritis dalam Pembe- lajaran Matematika di SD. Forum Kependidikan, 28(2): 136-142. 165 Lewy. (2009). Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan Di Kelas IX Akselerasi SMP XAverius Maria. Palembang. Lisa Gueldenzoph Snyder dan Mark J. Snyder. (2008). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Pi Epsilon Journal, Volume L. No. 2, Spring/Summer. 90-99 Malik, Noor, Qomaruddin. (2011). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Vii Smp 4 Kudus Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Segiempat Dengan Panduan Kriteria Polya. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Mardapi, Djemari. (2017). Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta : Parama Publishing Mertens. (1991). Thinking and Writing. Middle School Journ. 22: 24-25 Mujiyati, Novita., dkk. (2019). Developing a problem-based local history module to improve the critical thinking ability of senior high school students. Research and Evaluation in Education, 5(1), 30-40. Muraki, E. & Bock, R. D. (1997). Parscale 3: IRT based test scoring and item analysis for graded items and rating scale. Chicago: Scientific Software Inc. Muraki, E. (1999). New Appoaches to Measurement. Dalam Masters., G,N dan Keeves., J.P.(Eds). Anvances in Measurement in Educational Research and Assessment. Amsterdam: Pergamoon. M. Neil Browne, M. Neil and Stuart M.Keeley. (2007). Asking the Right Questions: A Guide to Critical Thinking, 8th ed. Upper Saddle River, N.J: Pearson Prentice Hall. OECD. (2016). Mathematics Performance (PISA). Retrived from https://data.oecd.org/pisa/ mathematics-performance-pisa.htm. Parkes, K. A., Rohwer, D., & Davison, D. (2015). Measuring student music growth with blind-reviewed portfolios: A pilot study. Bulletin of the Council for Research in Music Education, 203, 23–44. doi:10.5406/bulcouresmusedu.203.0023 Paul, R., and Elder, L. (2009). The Miniature Guide to Critical Thinking: Concepts and Tools, 6th ed. Dillon Beach, Calif: Foundation for Critical Thinking. Peter A. Facione. (1990). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction, Executive Summary “The 166 Delphi Report”. California: California State University, Fullerton. Peter A. Facioce. (2013). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. Millbrae : Measured Reason and The California Academic Press, hal 5 – 7. Polya, G. (1981). How to Solve It. New Jersey Princenton : Princenton University Press. Prameswari, S.W., Suharno, dan Sarwanto. (2018). Inculcate Critical Thinking Skills in Primary Schools. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series. Vol.1/NO.1/Februari-2020. Hlm 746-747. Retrived From https://www.researchgate.net/publication/336227223_INCULCATE_CRITICA L_THINKING_SKILLS_IN_PRIMARY_SCHOOLS. Radulovic, L. & Stancic, M. (2017). What is Needed to Develop Critical Thinking in School. C.E.P.S Journal. 7 (3): 9-25. Reckase, M. D. (1979). Unifactor laten trait models applied to multifactor test: results and implications. Journal of Educational Statistics, 4(3), 207-230. https://doi.org.10.2307/1164671. Red Team UFMCS. (2015). The Applied Critical Thinking Handbook. Leavenworth : University of Foreign Military and Cultural Studies. 43-54 Reiner, CM, Bothell, TW, Sudweeks, RR, dan Wood, B. (2002). Preparing Effective Essay Questions: A Self-directed Workbook for Educators. Retrived from https://testing.byu.edu/ handbooks/WritingEffectiveEssayQuestions.pdf, Republik Indonesia (2016). Permendikbud No. 20, tahun 2016 tentang Standar Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Retnawati, Heri. (2014). Teori Respon Butir dan Penerapannya. Yogyakarta : Nuha Medika. Retnawati, Heri. (2016). Proving Conten Validity of Self-Regulated Learning Scale (The Comparison Of Aiken Index and Expanded Gregory Index). Yogyakarta : Research and Evaluation in Education Journal, 2(2), 155 – 164 Retnawati, Heri. 2016. Validitas, Reliabilitas & Karakteristik Butir. Yogyakarta : Parama Publishing. Reynolds, C. R., Livingston, R.B., & Wilson V. (2010). Measurement and assesment in education ( ed). London: Pearson. Rosnawati, R., Badrun Kartowagiran, dan Jailani. (2015). A Formative Assessment 167 Model Of Critical Thinking In Mathematics Learning In Junior High School. Yogyakarta : Research and Evaluation in Education Journal Volume 1, Number 2, (pages 186-198) Rubenfeld, M. G. (2006). Berpikir Kritis dalam Keperawatan. Jakarta : EGC. Samritin, S., & Suryanto, S. (2016). Developing an assessment instrument of junior high school students’ higher order thinking skills in mathematics. Yogyakarta : Research and Evaluation in Education, 2(1), 92-107. Schafersman, S.D. (1991). An Introduction to Critical Thinking. Retrived from http://facultycenter.ischool.syr.edu/wp-content/uploads/2012/02/Critical- Thinking.pdf. Sevilla, C.G., etc. (1993). Pengantar Metode Penelitian. Jakarta : UI Press. Sihotang, Kasdin, dan Febiana Rima K. (2012). Berpikir Kritis, dalam Critical Thinking: Membangun Pemikiran Logis, diedit oleh Yeremias Jena. Jakarta: Sinar Harapan Press. Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi model Rasch untuk penelitian ilmu- ilmu sosial. Cimahi: Trim Komunikata Publishing House. Sylvan Barnet and Hugo Bedau. (2011). Critical Thinking, Reading, and Writing: Brief Guide to Argument, 7th ed. Boston, MA: Bedfort/St. Martins. 3-5 Tamara, T. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Think-Pair-Share and Group Investigtion terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Repository.upy.edu: Universitas Pendidikan Indonesia. 1-12. Tanujaya, Benidiktus. (2014). Pengukuran Keterampilan Berpikir Kristis Siswa SMA dalam Pembelajaran Matematika. Procedding Seminar Nasional Psikometri. Universitas Negeri Papua. Turmuzi, Muhammad. (2013). Strategi Pembelajaran Matematika. Mataram: Unram Press. Van Der Linden, W.J., & Hambleton, R.K. (1997). Handbook of Modern Item Response Theory. New York: Springer-Verlag. Wasis, W. (2011). Model penskoran partial credit pada butir true-false bidang fisika. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 15(1). http://doi.dx.doi.org.10.21831/pep.v15i1.1085. Wati dan Mutiyasa. (2016). Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA Konten Change dan Relationship. Surakarta: 168 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Watson, G. & Glaser, E. M. (2008). Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal: Short Form Manual. USA: Pearson Education, Inc. Wells, C. S., & Wollack, J. A. (2003). An instructor’s guide to understanding test reliability. Testing &evaluation services. Madison: University of Wisconsin. Widana, I., Parwata, I., Parmithi, N., Jayantika, I., Sukendra, K., & Sumandya, I. (2018). Higher Order Thinking Skills Assessment towards Critical Thinking on Mathematics Lesson. International Journal of Social Science and Humanities (IJSSH). Vol. 2(1), 24-32. Doi:10.29332/ijssh.v2n1.74. Yilmaz, Kursad., Altinkurt, Yahya., & Cokluk, Omay. (2011). Developing the educational belief scale: the validity and reliability study. Educational Sciences: Theory & Practice, 11(1), 343-350. Zubaidah. Siti, dkk. (2015). Asesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay. Malang : Symposium on Biology Education. ISBN: 978-602-72412-0-6 citation: Afifah, Indah Indi and Jaedun, Amat (2020) Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/72985/1/tesis-indah%20indi%20afifah-18701251026.pdf