TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/72981/ M1 - tesis N2 - SMA/MA berbasis pondok pesantren memiliki program pendidikan dengan kurikulum terpadu, yaitu kurikulum pesantren dan kurikulum pemerintah atau disebut dengan formalisasi pendidikan pesantren. Program pembelajaran kimia di pesantren termasuk dalam kurikulum pemerintah yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, serta Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas program pembelajaran kimia SMA/MA Berbasis Pondok Pesantren di Kota Metro, Lampung yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi countenance stake dengan tiga tahap evaluasi, yaitu antecedent, transaction, dan outcomes. Subjek penelitian terdiri dari 3 guru kimia dan 150 peserta didik kelas XI semester II tahun pelajaran 2019/2020 yang diajar oleh guru kimia tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, observasi, dan angket. Instrumen divalidasi dengan uji validasi Aiken menggunakan expert judgment dan validasi konstruk menggunakan Exploratory Factor Analysis. Penentuan reliabilitas menggunakan formula Cronbach Alpha. Data dianalisis dengan kuantitatif deskriptif menggunakan rata-rata skor ideal dan dikategorikan berdasarkan tabel kriteria distribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas perencanaan pembelajaran kimia dengan kelengkapan komponen RPP berada pada kategori sangat baik dan kesesuaian dokumen RPP berdasarkan standar proses berada pada kategori baik. Kualitas pelaksanaan pembelajaran kimia dan kualitas pelaksanaan penilaian berdasarkan angket menunjukkan hasil pada kategori baik dan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan observasi menunjukkan hasil pada kategori kurang baik. Kualitas penilaian hasil belajar berdasarkan telaah kesesuaian dokumen RPP menunjukkan hasil pada kategori kurang baik dan hasil belajar peserta didik yang sebagian besar tidak tuntas berdasarkan penilaian tengah semester. Berdasarkan hasil evaluasi menunjukkan bahwa perlu peningkatan pelaksanaan pembelajaran dan pelaksanaan penilaian yang sesuai dengan rancangan RPP dan Standar Proses. Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan dengan melengkapkan fasilitas di sekolah dan meningkatkan kreativitas guru dengan memanfaatkan fenomena dan lingkungan sekitar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kualitas penilaian dapat ditingkatkan melalui pelatihan peningkatan kompetensi penilaian oleh guru. AV - restricted A1 - Karimah, Ummul A1 - Istiyono, Edi PB - Program Pascasarjana TI - Evaluasi Program Pembelajaran Kimia SMA/MA Berbasis Pondok Pesantren di Kota Metro, Lampung. KW - evaluasi program KW - pembelajaran kimia KW - SMA/MA berbasis pondok pesantren ID - UNY72981 Y1 - 2020/10/23/ ER -