%0 Thesis %9 S2 %A Andhika, Muhammad %A Munadi, Sudji %B Penelitian dan Evaluasi Pendidikan %D 2020 %F UNY:72980 %I Program Pascasarjana %K evaluasi program pembelajaran, keterampilan vokasional, Madrasah Aliyah, Countenance Stake %T Evaluasi Program Pembelajaran Keterampilan Vokasional di Madrasah Aliyah Negeri Daerah Istimewa Yogyakarta. %U http://eprints.uny.ac.id/72980/ %X Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap program pembelajaran keterampilan vokasional di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Daerah Istimewa Yogyakarta yang meliputi komponen kualitas: (1) Perencanaan pembelajaran (antecedents). (2) Pelaksanaan Pembelajaran (transactions). (3) Hasil belajar (outcomes). Pendekatan yang digunakan pada evaluasi ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan model evaluasi yang digunakan yaitu Countenance Stake. Tempat evaluasi dilaksanakan di MAN 1 Sleman, MAN 2 Bantul, dan MAN 2 Kulon Progo pada bulan Februari 2020 – Juni 2020. Responden yang dilibatkan berasal dari guru keterampilan di MAN DIY sejumlah 8 orang dan peserta didik yang diambil dengan teknik proportionate stratified random berjumlah 222 orang. Sementara itu teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan angket dengan instrumen pengumpulan data yaitu lembar observasi, lembar telaah dokumen dan angket. Validitas yang digunakan berupa validitas isi dan validitas konstruk yaitu exploratory factor analysis. Reliabilitas pada penelitian ini menggunakan Cronbach’s Alpha dan Intraclass Correlation Coefficient. Hasil validitas isi pada lembar telaah dokumen diperoleh 16 butir dengan kategori sedang dan 33 butir lainnya berkategori tinggi. Sedangkan untuk validitas isi pada lembar observasi diperoleh 9 butir dengan kategori validitas sedang dan 26 butir lainnya berkategori validitas tinggi. Begitu juga validitas isi angket yang diperoleh 9 butir berada pada kategori sedang dan 41 butir lainnya berkategori tinggi. Sementara itu, validitas konstruk angket diperoleh 49 butir yang memenuhi nilai KMO dan Barlett’s Test serta nilai korelasi anti-image sedangkan 1 butir lainnya gugur. Diketahui pula bahwa dari 49 butir tersebut terdapat 14 faktor dengan Eigenvalue ≥ 1 yang mampu menjelaskan sebesar 66,07 % varian secara keseluruhan. Pada reliabilitas, untuk lembar observasi didapatkan nilai reliabilitas sebesar 0,503 (intermediate to good), dan untuk telaah dokumen diperoleh nilai reliabilitas yaitu 0,467 (intermediate to good) serta nilai reliabilitas angket sebesar 0,921 yang berarti berada pada kategori tinggi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada evaluasi ini yaitu: (1) perencanaan (antecedents) pembelajaran keterampilan di MAN DIY menunjukkan bahwa sudah berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 66,21%, (2) pelaksanaan (transaction), pada tahap pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan teknik observasi mencapai persentase 86,11 % dengan kategori sangat baik, sedangkan pada teknik angket didapatkan persentase pelaksanaan sebesar 78,49 % yang berada pada kategori baik. Sementara itu, pada pelaksanaan penilaian dengan teknik telaah dokumen diperoleh persentase sebesar 68,35 % dan 75,05 % untuk hasil dari instrumen angket, kedua hasil dari teknik tersebut berada pada kategori baik. Sementara itu, (3) hasil nilai (outcomes) ujian akhir semester peserta didik pada pembelajaran keterampilan di MAN DIY mencapai persentase kelulusan 100% di atas KKM masing-masing madrasah.