eprintid: 72978 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/29/78 datestamp: 2022-05-10 03:24:19 lastmod: 2022-05-10 03:24:19 status_changed: 2022-05-10 03:24:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wulandari, Tati creators_name: Kartowagiran, Badrun title: Evaluasi Penyelenggaraan Program Sekolah Ramah Anak(SRA) di Sekolah Dasar se-Kabupaten Sleman. ispublished: pub subjects: D0 divisions: pps_lit_evazdik full_text_status: restricted keywords: resiko bencana dan kondisi darurat serta lingkungan hidup, 4) abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksaaan program Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar Se-Kabupaten Sleman yang ditinjau dari enam komponen pelaksanaan yaitu komponen kebijakan SRA, pelaksanaan proses pembelajaran yang ramah anak, pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak- hak anak dan SRA, sarana dan prasarana SRA, partisipasi anak, partisispasi orang tua, lembaga masyarakat, dunia usaha, pemangku kepentingan lainnya dan alumni. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model discrepancy. Populasi pada penelitian ini adalah 5 Sekolah Dasar yang berstatus sebagai Sekolah Ramah Anak. Sampel penelitian yang digunakan adalah tiga Sekolah Dasar dengan 199 siswa dan tiga kepala sekolah. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan lembar observasi, angket, lembar prrotokol wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tehnik deskriptif kuantitatif dan didukung dengan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Sekolah Ramah Anak yang ditinjau dari: 1) komponen kebijakan SRA termasuk kategorisangat baik dengan persentase 84,92%, 2) komponen proses pembelajaran ramah anak termasuk kategori sangat baik dengan persentase 79,90%, 3) komponen pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak-hak anak termasuk kategori sangat baik, hal ini dibuktikan dengan adanya tenaga pendidik dan kependidikan di masing- masing sekolah yang telah mengikuti pelatihan tentang hak-hak anak, penanganan resiko bencana dan kondisi darurat serta lingkungan hidup, 4) komponen Sarana dan prasarana Sekolah Ramah Anak termasuk kategori sangat baik dengan persentase 87,50%, 5) komponen partisipasi peserta didik termasuk kategori sangat baik dengan persentase 92,96%, 6) komponen partisipasi Orang Tua/Wali, Komite Sekolah, Lembaga Masyarakat, Dunia Usaha, Pemangku Kepentingan Lainnya, dan Alumni termasuk kategori sangat baik dengan persentase 90,95%.Secara keseluruhan, pelaksanaan program Sekolah Ramah Anah di Sekolah Dasar se-Kecamatan Sleman termasuk kategori sangat baik yaitu 87,18%, namun belum memenuhi kriteria keberhasilan 100% dari pelaksanaan program Sekolah Ramah Anak. date: 2020-10-05 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan thesis_type: tesis referencetext: Anas sudijono. (2006). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Amin, Safrudin. (2018). Evaluasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak Dari Aspek Kekerasan Fisik Terhadap Anak di Sekolah Menengah Pertama di Kota Ternate. Arikunto, S. & Safruddin, Cepi.. (2004). Evaluasi program pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara Arikunto, Suharsimi. (2006). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto dan Jabar (2007) Evaluasi program pendidikan, pedoman teoritis praktis bagi praktisi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Asruron, N. S., & Luthfi, H. (2016). Panduan Sekolah & Madrasah Ramah Anak. Jakarta: Erlangga. Azwar, Saifudin. (2000). Penyusunan skala psikologis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Azwar, Saifudin. (2012). Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Carper & Coburn (2014). Program Evaluation: some agencies reported that networking, hiring, and involving program staff help build capacity. Washington: United States Goverment Accountability Office. Cellante, D. & Donne, V. (2014). A program evaluation process to meet the needs of english language learners. Education, vol 134 no 1 Cohn, Andrea dan Canter, A.( 2003). Bullying: Fact for Schools and Parents. National Association of School Psychologists. http://www.naspcenter.org/factsheets/bullying_fs.html. Costello, A. B., & Osborne, J.W. (2005). Best Practices in Explanatory Factor Analysis: Four Recommendation for Getting the Most Form Your Analysis. Practical Assassment, Research & Evaluation, 10(7), 1-9. Damanik, H. & Pakpahan, S. P. (2013). “Pengembangan Bahan Ajar Tentang Sekolah Ramah Anak pada Mata Kuliah Manajemen Berbasis Sekolah Prodi PGSD Universitas Terbuka”, Laporan Akhir Penelitian Hibah Bersaing Universitas Terbuka. Medan: UPBJJ. Fabrigar, L, R. & Wegener, D. T. (2012). Explanatory Factor Analysis. Oxford, New York: Oxford University Press 122 Fernandes, H.J.X. (1984). Evaluation of Educational Programs. Jakarta: National Education Planning, Evaluation and Curriculum Development. Fitzpatrick, J.L, Sanders, J.R, & Worthen, B.R. (2011). Program evaluation. Alternative approach and practical guidlines (4th edition). Upper saddler River, New Jersey : Pearson Hamalik. (2011). Model Penilaian Kelas: KTSP SD/MI. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. Departemen Pendidikan Nasional. Hyman, I. A., & Donna C. Perone (1998). The Other Side of School Violence: Educator Policies and Practice That May Contribute to Student Misbehavior”. Journal Of School Psychology, Vol. 36, No. 1 Idris, F. (2015), Tahun Buram Kekerasan Anak”. http://www.republika.co.id/berita/koran/opini-koran/ Iskandar, Uray. (2015). Pengertian dan Standar Sekolah Sehat, Aman, Ramah Anak, dan Menyenangkan. http://urayiskandar.com/2015/081/. Kaufman, R, & Thomas, S. (1980). Evaluastion Without Fear. New York: New Viewpoints Kistanto, Ismatul Khasanah, Mila Karmila (2011). “Identifikasi Model Sekolah Ramah Anak (SRA) Jenjang Satuan Pendidikan Aanak Usia Dini Se Kecamatan Semarang Selatan”. http://www.ejournal.com/2014/04/identifikasi-model-sekolah-ramah anak.html Kline, P. (2008), An Easy Guide to Factor Analysis. London and New York: New Routledge Kurniasari, A., Wismayanti, Y. F., Irmayani, Husniati, Widodo, N., Susantyo, B., (2013). Ringkasan hasil survei kekerasan terhadap anak indonesia tahun 2013. Jakarta: Kementrian Sosial, Kementrian Pemberdayaaan Perempuan dan Anak, Bappenas, BPS, Unicef. Mardapi, D. (1997). Berbagi bentuk tes objektif. Makalah disampingkan paada pelatihan evaluasi: proses dan hasil belajar mahasiswa pada tanggal 18 November 1997 di Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan UGM. Mardapi, D. (2012). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika McCauley, C. D., Ruderman, M. N., Ohlott, P. J., & Morrow, J. E. (1994). Assessing the Developmental Components of Managerial Jobs. Journal of Applied Psychology. 123 Nansel, T. R., Overpack, M., De, R., Butchart, A., Scott, J., & Vos, T. (2012). The Long-Term Health Consequences of Child Physical Abuse, Emotional Abuse, and Neglect: A Systematic Review and Meta-Analysis. Journal of Plos Medicine. PBB (United Nations Secretary-General’s Study). (2006). Violence Against children in School and Educational settings. http://www.unicef.org Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Mengeluarkan Permen No. 8 Tahun 2014 Tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak (SRA) Pett, M. A., Lackey, N. R., & Sullivan, J. J., (2003). Making Sence of Factor Analysis. USA: Sage Publication Qodar, N. (2015). Survei ICRW: 84% Anak Indonesia Alami Kekerasan di Sekolah. Liputan6.com, 15 Maret 2015: http://news.liputan6.com/read/2191106/survei-icrw-84-anak-indonesia alami-kekerasan-di-sekolah. Ranti, E. U. (2016). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tempuran Kabupaten Magelang. Yogyakarta: FKIP UNY. Republik Indonesia. (2003). Undang Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (1945). Undang Undang Dasar Republik Indonesia Retnawati, Heri. (2016). Analisis Kualitatif Instrumen Penelitan. Yogyakarta: Parama Publishing Satyadi, H. Dan Kertowagiran, B. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Guru Sekolah Dasar Berbasis Tugas Pokok dan Fungsi (The Assassment Instrument Develipment of Elementary School Teachers” Performance Based on Task and Functions). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Tahun 18, No. 2. Setyawan, D. (2015). KPAI: Pelaku Kekerasan Terhadap Anak Tiap Tahun Meningkat. http://www.kpai.go.id/berita/kpai-pelaku-kekerasan-terhadap anak-tiap-tahun-meningkat/ Setyawan, D. (2017). KPAI: Kekerasan Anak di sekolah semakin memprihatinkan. http://www.kpai.go.id/berita/kpai- kekerasan-anak-di sekolah-semakin-memprihatinkan/. Simpson, Shellie B. (2015). Bullying Perceptions: Understanding Students With and Without Disabilities. (tesis). Marshall University Graduate College. 124 Siti Nur Rofi’ah (2013). “Implementasi Pendidikan Ramah Anak dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Rendah SD Muhammadiyah Program Khusus Kota Barat Tahun Pelajaran 2013/2014:, Naskah Publikasi Skirpsi. Surakarta: PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Stufflebeam, D.L, Madaus, G.F, & Kellaghan, T. (2000). Evaluation models viewpoints on education and human service evaluation, second edition. New York: Kluwer Academic Publishers Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif dan R&D. Bandung: Alfabeta Supriadi, dkk. (2012). Petunjuk Teknis Penerapan Sekolah Ramah Anak Kementrian Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. http://gerashiaga.files.wordpress.com. UNESCO. (2004). Menjadi Lingkungan Inklusif, Ramah Terhadap Pembelajaran (LIRP). http://unescodoc.org. Wijanto, S. H., (2008). Structural Equation Modeling dengan Lisrel 8.8. Yogyakarta: Graha Ilmu. Witi Murtari (2014). “ Manajemen kesiswaan Model Sekolah Ramah Aank di SD Pangudi Luhur Servatius Gunung Brintik”. Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan Tahun 2014. Worthen, R. & Sanders, J. (1973). Educational Evaluation Theory and Practice. Belmont: Wadsworth Publishing Company. Yusuf. (2001). Pendekatan Keterampilan Bagaimana Mengaktifkan Peserta Didik dalam Belajar. Jakarta: Gramedia. citation: Wulandari, Tati and Kartowagiran, Badrun (2020) Evaluasi Penyelenggaraan Program Sekolah Ramah Anak(SRA) di Sekolah Dasar se-Kabupaten Sleman. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/72978/1/tesis-tati%20wulandari-18701251025.pdf