%0 Thesis %9 S2 %A Wulandari, Tati %A Kartowagiran, Badrun %B Penelitian dan Evaluasi Pendidikan %D 2020 %F UNY:72978 %I Program Pascasarjana %K resiko bencana dan kondisi darurat serta lingkungan hidup, 4) %T Evaluasi Penyelenggaraan Program Sekolah Ramah Anak(SRA) di Sekolah Dasar se-Kabupaten Sleman. %U http://eprints.uny.ac.id/72978/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksaaan program Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar Se-Kabupaten Sleman yang ditinjau dari enam komponen pelaksanaan yaitu komponen kebijakan SRA, pelaksanaan proses pembelajaran yang ramah anak, pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak- hak anak dan SRA, sarana dan prasarana SRA, partisipasi anak, partisispasi orang tua, lembaga masyarakat, dunia usaha, pemangku kepentingan lainnya dan alumni. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model discrepancy. Populasi pada penelitian ini adalah 5 Sekolah Dasar yang berstatus sebagai Sekolah Ramah Anak. Sampel penelitian yang digunakan adalah tiga Sekolah Dasar dengan 199 siswa dan tiga kepala sekolah. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan lembar observasi, angket, lembar prrotokol wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tehnik deskriptif kuantitatif dan didukung dengan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Sekolah Ramah Anak yang ditinjau dari: 1) komponen kebijakan SRA termasuk kategorisangat baik dengan persentase 84,92%, 2) komponen proses pembelajaran ramah anak termasuk kategori sangat baik dengan persentase 79,90%, 3) komponen pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak-hak anak termasuk kategori sangat baik, hal ini dibuktikan dengan adanya tenaga pendidik dan kependidikan di masing- masing sekolah yang telah mengikuti pelatihan tentang hak-hak anak, penanganan resiko bencana dan kondisi darurat serta lingkungan hidup, 4) komponen Sarana dan prasarana Sekolah Ramah Anak termasuk kategori sangat baik dengan persentase 87,50%, 5) komponen partisipasi peserta didik termasuk kategori sangat baik dengan persentase 92,96%, 6) komponen partisipasi Orang Tua/Wali, Komite Sekolah, Lembaga Masyarakat, Dunia Usaha, Pemangku Kepentingan Lainnya, dan Alumni termasuk kategori sangat baik dengan persentase 90,95%.Secara keseluruhan, pelaksanaan program Sekolah Ramah Anah di Sekolah Dasar se-Kecamatan Sleman termasuk kategori sangat baik yaitu 87,18%, namun belum memenuhi kriteria keberhasilan 100% dari pelaksanaan program Sekolah Ramah Anak.