%L UNY72975 %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Jember yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pelaksanaan pembelajaran, dan hasil KKM peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan model evaluasi Countenance Stake dengan tiga tahapan yaitu antecedent, transaction, outcome. Sampel penelitian terdiri dari 9 guru PAI dan 298 peserta didik kelas XI. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, observasi, angket, dan wawancara. V aliditas instrumen dilakukan dengan validitas isi dan validitas konstruk dan reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan kriteria rerata ideal dari Azwar. Kesimpulan penelitian: Aspek Antecedent meliputi perencanaan pembelajaran mempunyai pencapaian sebesar 98,46% dengan kategori baik. Aspek Transaction meliputi pelaksanaan pembelajaran 89,07% dengan kategori baik dan penilaian pembelajaran 84,34% dengan kategori baik. Aspek Outcome dengan melihat hasil pembelajaran satu tema belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Rekomendasi 1) pengadaan pelatihan perangkat pembelajaran, 2) penggunaan model pembelajaran inovatif, 3) pengadaan supervisi klinis secara periodis. %K evaluasi, pendidikan agama islam dan budi pekerti, countenance stake %A Fahmi Ziyyad Alafthoni %A Djemari Mardapi %I Program Pascasarjana %D 2020 %T Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Jember.