%0 Thesis %9 S1 %A Widiastuti, Widiastuti %A Dr. Suhadi, M.Pd., %B PGSD Penjas %D 2022 %F UNY:72881 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K permainan sirkuit, keterampilan gerak dasar, siswa kelas III %T Model Permainan Sirkuit untuk Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Siswa Kelas III Sekolah Dasar %U http://eprints.uny.ac.id/72881/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang berupa model aktivitas jasmani melalui permainan sirkuit untuk mengembangkan keterampilan gerak dasar siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode yang dikemukakan oleh Borg dan Gall. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: 1) studi pendahuluan, 2) perencanaan, 3) mengembangkan produk awal, 4) uji validasi ahli dan uji reliabilitas produk, 5) uji coba skala kecil, 6) revisi produk, 7) uji coba skala luas, 8) revisi produk, 9) uji efektivitas produk, 10) produk final. Uji coba skala kecil dilakukan di SD Negeri Jigudan dan uji coba skala besar di SD Negeri Ciren dan SD Negeri Salam. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III sekolah dasar dengan jumlah subjek 58 siswa. Uji validasi menggunakan validasi isi dan uji reliabilitas produk memperoleh koefisien 0,7-0,9. Hasil dari rubrik penilaian menunjukkan tuntasnya keterampilan siswa pada tiap aspek (KKM=75). Hasil penelitian diketahui bahwa, uji efektivitas model dengan nilai rata-rata perbandingan uji coba skala kecil nilai lokomotor 3,81, non lokomotor 3,31, manipulatif 3,45 sedangkan uji coba skala besar nilai lokomotor 3,86, non lokomotor 3,69, manipulatif 3,72 terbukti secara empiris bahwa hasil produk berupa model permainan sirkuit memiliki efektivitas yang sangat baik. Hasil akhir dalam penelitian ini berupa model permainan sirkuit yang terdiri dari: 1) mempersiapkan tempat dan peralatan, 2) kegiatan awal/pemanasan, 3) kegiatan inti yang terdiri dari 5 pos permainan yaitu Pos 1 Permainan Bola Kereta, Pos 2 Katak Mencari Makan, Pos 3 Kertas Melangkah, Pos 4 Bola Berpindah, Pos 5 Tembakan Bola Kelinci, 4) kegiatan penutup/pendinginan. Model permainan sirkuit untuk mengembangkan keterampilan gerak dasar ini efektif untuk menunjang proses pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Suhadi, M.Pd.