TY - THES N2 - PERBEDAAN ADVERSITY QUOTIENT ANTARA MAHASISWA YANG AKTIF BERORGANISASI DENGAN YANG TIDAK DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Oleh Nendard Giri Putro NIM 06104244026 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan adversity quotient antara mahasiswa yang aktif berorganisasi dengan yang tidak di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian komparasi dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa FIP UNY semester III dan V yang aktif dan tidak aktif berorganisasi. Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena subjek penelitian bukan merupakan keseluruhan populasi, tetapi diwakili oleh sampel dari populasi dengan berpedoman pada tabel pengambilan sampel. Masing-masing subjek diwakili 150 sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah disproportional stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan instrumen yang digunakan adalah angket adversity quotient. Hasil uji validitas dan reliabilitas instumen ini valid dan memiliki reliabilitas tinggi yaitu 0,788. Untuk teknik analisis data digunakan teknik analisis statistik uji-t dengan menggunakan Program SPSS. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa terdapat perbedaan adversity quotient yang signifikan antara mahasiswa yang aktif berorganisasi dengan yang tidak di FIP UNY, hal ini ditunjukkan dengan ( t hitung > t tabel ) 3,385 > 1,649 dan nilai signifikansi sebesar 0,001. Mahasiswa yang aktif berorganisasi memperoleh rata-rata 71,63 dan termasuk kategori sedang, mahasiswa yang tidak aktif berorganisasi rata-ratanya 69,14 dan termasuk kategori kurang. Hal ini menunjukkan bahwa adversity quotient mahasiswa yang aktif berorganisasi lebih baik dari mahasiswa yang tidak aktif berorganisasi. Kata kunci : adversity quotient, mahasiswa, organisasi Y1 - 2012/11/06/ PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Nendard Giri Putro , Nendard M1 - skripsi ID - UNY7262 AV - public TI - PERBEDAAN ADVERSITY QUOTIENT ANTARA MAHASISWA YANG AKTIF BERORGANISASI DENGAN YANG TIDAK DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA UR - http://eprints.uny.ac.id/7262/ ER -