eprintid: 72545 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/25/45 datestamp: 2022-03-04 06:53:45 lastmod: 2022-03-04 06:53:45 status_changed: 2022-03-04 06:53:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Tasnur, Irvan creators_name: Kumalasari, Dyah title: Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di SMA Internasional Budi Mulia Da Yogyakarta. ispublished: pub subjects: C8 divisions: pps_sejarah full_text_status: restricted keywords: Implementasi pendidikan karakter, nilai karakter, pembelajaran sejarah abstract: Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui implementasi pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Internasional Budi Mulia Dua, (2) mengidentifikasi kendala yang ada pada pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta, dan (3) mengetahui upaya untuk mengatasi kendala pada pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Internasional Budi Mulia Dua. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, dua wakil kepala bidang kurikulum dan kesiswaan, dua guru sejarah, dan peserta didik SMA Internasional Budi Mulia Dua. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive yaitu subjek telah ditentukan oleh peneliti. Pengumpulan data menggunakan menggunakan triangulasi sumber yaitu menggabungkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data, verifikasi, dan penyajian data atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Internasional Budi Mulia Dua diimplementasikan melalui dorongan motivasi, pengiintegrasian dengan materi sejarah, dan pendekatan secara personal yang dilakukan oleh guru. Nilai-nilai karakter yang diimplementasikan berpijak pada lima pilar karakter yaitu faith in Allah, respect, honesty, responsibility, dan cleanliness.(2) kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta berangkat dari faktor peserta didik, faktor guru, dan lingkungan. Faktor peserta didik yang karakternya sudah mulai terbentuk, faktor guru mengenai cara mengajar, dan lingkugan yang tentu banyak pengaruhnya terhadap karakter seseorang (3) Upaya mengatasi kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Internasional Budi Mulia Dua yaitu dengan pendekatan personal dari guru kepada peserta didik dan penggunaan metode yang berbeda-beda. date: 2020-06-04 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Pendidikan Sejarah thesis_type: tesis referencetext: Afandi, Chamalah E,.& Puspita O. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA Press. Agung, Leo. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah SMA Berbasis Pendidikan Karakter di Solo Raya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 18, Nomor 4. DOI: http://dx.doi.org/10.24832%2Fjpnk.v18i4.98 Alfian, Magdalia. (2011). Pendidikan Sejarah dan Masalah yang Dihadapi. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 3, no. 2, Maret. DOI: http://dx.doi.org/10.30595/jkp.v3i2.643 Ali H., Limakhrisna N. (2013). Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis untuk Pemecahan Masalah Bisnis, Penyusunan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. E-book. URL: https://www.academia.edu/41946688/METODOLOGI_PENELITIAN Aman. (2009). Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Diktat Kuliah Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Sejarah FIS UNY . Ankersmith, F.R. (1987). Refleksi Tentang Sejarah: Pendapat-pendapat modern tentang filsafat sejarah. Diterjemahkan oleh Hartoko, Jakarta: Gramedia. Arthur, James. (2003). Education with Character: The moral economy of Schooling. London & New York: Taylor & Francis e-Library. Bogdan, R. & Biklen .(2007). Qualitatif Research for Education: an Introduction to theories dan method. LondonL Pearson. Brannen, J. (1999). Memadu Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Budiati & Indah, dkk. (2018). Profil Generasi Milenial. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlndungan Anak. Ariefana, Pebriansyah. 2015. Pelajar SMA Bekasi ingin Perkosa Ibu Berusia 40 Tahun. Suara.com. 08/08/2019, 09:26 WIB URL: https://www.suara.com/news/2015/11/09/230400/pelajar-sma- bekasi-ingin-perkosa-ibu-berusia-40-tahun 131 Collingwood, R.G. (1985). Idea Sejarah. Diterjemahkan oleh Ibrahim, Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka Kementerian Pelajaran Malaysia. Cresswell W. J. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. London: SAGE publication Inc. ________. J. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Terjemahan oleh Lintang Lazuardi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas Jakarta. URL: https://peraturan.bkpm.go.id/jdih/userfiles/batang/UU_20_2003.pdf Dewantara, K.H. (1962). Bagian I: Pendidikan. Yogyakarta: Madjelis Luhur Taman Siswa. Esterberg, G. K. (2002). Qualitative Method in Social Research. New York: McGraw-Hill Family Learning Association. (2002). Developing Character Through Literature: A Teacher’s Resource Book. ERIC: Indiana University. Farid, H. (2017). Penguatan pendidikan Karakter: Menumbuhkan Generasi Cerdas dan Berkarakter. URL: https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id Firmansyah, Haris & Kurniawan, Syamsul. (2017). Desain Pembelajaran Sejarah Berbasis Character Building. Yokgyakarta: Ombak. Gunning, Dennis. (1978). The Teaching History. London: Biddles Ltd, Guildford, Surrey. Hasan, Hamid. (2012). Pendidikan Sejarah untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita, vol. 22, no. 1, Januari. DOI: https://doi.org/10.15294/paramita.v22i1.1875 Hexter, J.H. (1968). Doing History. Indiana University Press: London. https://news.okezone.com/read/2019/07/24/340/2083066/viral- pemotor-lintasi-kuburan-tuai-sumpah-serapah Hidayat, Edi. (2019). Viral Pemotor Lintasi Kuburan Tuai Sumpah Serapah.news.okezone.com, 08/08/2019, 09:18 WIB. URL: 132 Irenewaty, Terry. (2006). Peningkatan Model Pembelajaran Sejarah Menggunakan Metode Ceramah dengan Media Audio Visual. FISE. UNY. URL: http://eprints.uny.ac.id/1046/ Kemendikbud. Konsep dan Pedomen Penguatan Pendidikan Karakter. Indonesia. URL: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/10075 Kumalasari, Dyah. (2018). Agama dan Budaya Sebagai Basis Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Suluh Media. Kuntowijoyo. (1997). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya. Kusaeri. (Tanpa tahun). Metodologi Penelitian:Buku Perkuliahan. IAIN Sunan Ampel: Surabaya. Lee, P.J. (1984). Learning History: Why learn History?. Liverpool: Biddles Ltd. Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books. Marsigit. (2004). Perjuangan Mewujudkan Karakter Indonesia di Tengah Persaingan Global: Kajian Filosofid dan Ideologis. Editor: Maman, Margana, Esti. Memantapkan Pendidikan Karakter Untuk Melahirkan Insan Bermoral, Humanis, dan Profesional. Yogyakarta: UNY Press. Margono. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Mawardi, Isal. (2019). Satu Remaja Tewas Kena Luka Bacok Akibat Tawuran di Bekasi. detikNews, 08/08.2019, 09:13 WIB. URL: https://news.detik.com/berita/d-4433105/satu-remaja-tewas-kena-luka- bacok-akibat-tawuran-di-bekasi Maya & Michael, dkk. (2015). Center for Curriculum Design. Boston: Massachusets. Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. California; SAGE publications Inc. 133 Moleong, Lexi. (1989). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya. Muslow, Alun. (2003). The New History. Malaysiaa: Pearson Education Limited. Nasiwan & Yuyun. (2016). Seri Teori-Teori Sosial Indonesia. Yogyakarta: UNY Press. Noeng, Muhadjir. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif: Pendekatan Positiivisti, Rasionalistik, Phenomenologik, dan Realisme Metaphisik telaah studi teks dan penelitia agama. Yogyakarta: Serasin. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun. 2006 tentang Standar Isi untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. URL: http://bsnp- indonesia.org/id/wp-content/uploads/isi/Permen_22_2006.pdf PERPRES RI. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter. URL: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/73167/perpres-no-87-tahun- 2017 Phillips, Ian. (2008). Teaching History. Chennai: C&M Digital (P) Ltd. Pratama, Febta. (2017). Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan SMA Negeri 3 Yogyakarta. Tesis: UNY. Putro A A. Y., Suyanto., & Saryono Y. (2020). New Tradition of Pesantren in Character Education. Jurnal Internasional. DOI: https://doi.org/10.1088/17426596/1254/1/012002 Renier. (1997). Metoden dan Manfaat Ilmu Sejarah. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR. Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sartono, Kartodirjo. (1993). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Setiawati, N. A.(2017). Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentkan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu 134 Sosial Universitas Negeri Medan, Vol. 1, No. 1, 348-352. URL: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27544 Students-Parents Handbook and Students Code of Conduct. (2019). SMA Internasional Budi Mulia Dua. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah: Ide, Gagasan, dan Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Tutuk, Ningsih. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Press. Uno, Hamzah. (2017). Model Pembelajaran menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara. Vitz, Paul. (1990). The Use of Stories in Moral Development: New Psychological Reasons for an Old Education Method. American Psychological Association, vol. 45, No. 6, 709-720. New York University. DOI: 10.1037/000-066X.45.6.709 Wibawa, Sutrisna. (2019). Pidato Rektor dalam Rangka Dies Natailes ke-55 UNY. 21 Mei. Yogyakarta: UNY. Wijaya, H., Helaludin. (2018). Hakikat Pendidikan Karakter. URL: https://www.researchgate.net/publication/323364661_Hakikat_Pendidi kan_Karakter Zulkifli. (2014). Globalisasi Komunikasi dalam Hubungannya dengan Pendidikan di Indonesia. Al-Mudzir, vol.7, no. 2, November. URL: http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-munzir Zuria, Nurul. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. citation: Tasnur, Irvan and Kumalasari, Dyah (2020) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di SMA Internasional Budi Mulia Da Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/72545/1/tesis-athimah%20dayaning%20pertiwi-18718251008.pdf