%0 Thesis %9 S2 %A Kateh, Saripramadon %A Sudrajat, Ajat %B Pendidikan Sejarah %D 2020 %F UNY:72544 %I Program Pascasarjana %K Buku teks SKI, Indonesia dan Thailand, Perbandingan kelayakan isi %T Perbandingan Kelayakan Isi Buku Teks Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di Indonesia dan Thailand. %U http://eprints.uny.ac.id/72544/ %X Penelitian ini berutujuan untuk mengungkapkan: (1) kelayakan dan (2) persamaan dan perbedaan isi buku teks Sejarah Kebudyaan Islam kelas X di Indonesia dan Thailand. Penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Subjek dalam penelitian adalah buku teks Sejarah Kebudayaan Islam kelas X yang diterbitkan oleh Kementerian Agama di Indonesia, dan buku teks Sejarah Kebudayaan Islam yang diterbitkan oleh Komisi Pendidikan Swasta di Thailand. Pengumpulan data dilakukan melalui telaah dokumen, sementara untuk melihat keabsahan dokumen digunakan teknik validitas isi yang dilakukan secara menyeluruh dan mendalam tentang kelayakan isi kedua buku teks tersebut. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Dalam hal kelayakan isi buku teks Sejarah Kebudayaan Islam kelas X di Indonesia, secara umum materi yang disampaikan sesuai dengan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang ditinjau dari kelengkapan materi, keluasan materi, dan kedalaman materi. Selain itu komponen keakuratan materi dan materi pendukung sudah lengkap, terlihat ada gambar, contoh, fitur, dan ilustrasi yang ditampilkan dalam buku teks. Kemudian kelayakan isi buku teks Sejarah Kebudayaan Islam kelas X di Thailand, secara umum materi yang disampaikan sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD). Materi yang terkandung dalam buku teks sudah akurat dan sesuai dengan prosedur pendidikan, namun masih ada beberapa hal yang harus perbaiki seperti pada materi penjabaran yang tidak mencantum angka. Bahasa yang digunakan dalam penulisan buku yaitu bahasa Jawi (Arab Pegon). (2) Persamaan kedua buku tersebut terdapat pada isi yang dibahas, yakni tentang Khulafaur Rasyidin dan keesuaian materi dengan kurikulum pendidikan. Perbedaan dalam kedua buku tersebut terdapat pada perbedaan kurikulum, perbedaan dalam penyusunan materi Khulafur Rasyidin, perbedaan kedalaman materi, perbedaan bahasa dalam penulisan buku teks, dan perbedaan latihan yang terkandung di dalam buku teks.