%0 Thesis %9 S2 %A Wibowo, bagas Prakoso %A Wulandari, Taat %B Pendidikan Sejarah %D 2020 %F UNY:72543 %I Program Pascasarjana %K kecerdasan emosional, kepuasan kerja, kedisiplinan, profesionalisme %T Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kepuasan Kerja, dan Kedisiplinan terhadap Profesionalisme Guru Sejarah Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur. %U http://eprints.uny.ac.id/72543/ %X Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah ingin mengetahui: 1) pengaruh Kecerdasan Emosional, Kepuasan Kerja, dan Kedisiplinan secara bersama sama terhadap Profesionalisme Guru, 2) pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Profesionalisme Guru, 3) pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Profesionalisme Guru, 4) pengaruh Kedisiplinan terhadap Profesionalisme Guru. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif jenis ex post facto, sedangkan metode penelitian ini menggunakan regresi berganda. Variabel penelitian ini sudah ditentukan sebelum penelitian dilakukan. Sampel dalam penelitian ini adalah guru sejarah Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur sebanyak 40 responden. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Profesionalisme Guru sejarah dapat diprediksikan oleh Kecerdasan Emosional, Kepuasan Kerja, dan Kedisiplinan. Hal ini berdasarkan temuan: 1) Kecerdasan Emosional, Kepuasan Kerja, dan Kedisiplinan secara bersama sama secara signifikan dapat memprediksikan terhadap profesionalisme guru sejarah, sehingga profesionalisme guru sejarah semakin baik dapat meramalkan pendidikan di indonesia semakin baik dan maju, 2) Kecerdasan Emosional secara signifikan dapat memprediksikan terhadap profesionalisme guru sejarah, sehingga semakin baik kecerdasan emosional yang dimiliki oleh guru sejarah maka dapat meramalkan guru akan berubah lebih baik dalam menjalankan tugasnya dengan sungguh-sungguh, 3) Kepuasan Kerja secara signifikan dapat memprediksikan terhadap profesionalisme guru sejarah, sehingga semakin baik tentang kepuasan kerja yang dimiliki oleh guru sejarah maka dapat meramalkan seorang guru akan berubah lebih baik dalam melakukan aktivitas untuk mencapai tujuan tertentu, 4) Kedisiplinan secara signifikan dapat memprediksikan terhadap profesionalisme guru sejarah, sehingga semakin baik kedisiplinan yang dimiliki guru maka dapat meramalkan seorang guru akan berubah lebih baik dan disiplin terhadap semua kegiatan disekolah dan dapat memberikan contoh yang baik bagi peserta didik.