@phdthesis{UNY72542, title = {Pemanfaatan Laboratorium Sejarah sebagai Sumber Belajar Sejarah Indonesia di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.}, author = {Rendra Havid Pranata and Dyah Kumalasari}, month = {April}, year = {2020}, school = {Program Pascasarjana}, keywords = {laboraorium sejarah, pembelajaran sejarah, sumber belajar.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/72542/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) rancangan pemanfaatan laboratorium sejarah sebagai sumber belajar sejarah, (2) pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan laboratorium sejarah di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, dan (3) kendala dan solusi guru dalam pemanfaatan laboratorium sejarah sebagai sumber belajar sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Narasumber dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran sejarah dan peserta didik yang dipilih dengan jenjang kelas X, XI dan XII. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu tringulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data melalui tahapan (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa guru mata pelajaran sejarah dan peserta didik telah memanfaatkan laboratorium sejarah sebagai media dan sumber belajar sejarah. (1) Rancangan pelaksanaan pembelajaran memanfaatkan laboratorium sejarah diawali dengan mempuat rancangan pembelelajaran atau RPP. (2) Pelaksanaan pembelajaran memanfaatkan laboratorium sejarah dengan memanfaatkan koleksi dan media di dalam laboratorium. (3) Tterdapat kendala dalam pemanfaatan laboratorium namun kendala itu masih bisa diatasi oleh guru mata pelajaran sejarah.} }