%0 Thesis %9 S1 %A Tamara, Fernanda Intan %B PGSD %D 2022 %F UNY:72495 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN MEDIA PIN BALL SUKA (Suhu Kalor) UNTUK MENANAMKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI IPA SUHU DAN KALOR PADA KELAS V SD NEGERI SARIKARYA DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/72495/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran Pin Ball SuKa (suhu dan kalor) materi suhu dan kalor yang layak untuk menanamkan pemahaman konsep materi ilmu pengetahuan alam pada siswa kelas V SD Negeri Sarikarya Depok Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development atau penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall yang melalui 7 dari 10 langkah penelitian. Tahapan yang telah dilalui yaitu pengumpulan data, Perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan,dan penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, angket, dan tes, sedangkan teknik analis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran Pin Ball SuKa (suhu dan kalor) sudah dinyatakan layak untuk menanamkan pemahaman konsep materi ilmu pengetahuan alam materi suhu dan kalor kelas V sekolah dasar setelah melalui beberapa proses validasi. Hasil validasi materi mendapatkan skor rata-rata 4,6 dengan kategori “sangat baik” dan validasi media mendapatkan skor rata-rata 4,2 dengan kategori “baik”. Hasil uji coba lapangan awal menunjukkan kategori sangat baik dengan skor rata-rata 4,53 dari respon siswa, 3,6 dari respon guru dan 0,847 dari perhitungan N-gain score. Hasil uji coba lapangan utama menunjukkan kategori sangat baik dengan skor rata-rata 4,6 dari respon siswa, 4,75 dari respon guru dan 0.89 dari perhitungan N-gain score. Kata Kunci : media, pin ball suka , kelas V