%L UNY72494 %A Ahmad Ahmad %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pazel kata yang layak digunakan sebagai media pembelajaran membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan sesuai teori Borg & Gall yang dikemukakan oleh Sugiyono. Pengembangan dilakukan dengan lima tahap yaitu: 1) pengumpulan potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk. 4) tahap uji validasi atau kelayakan, dan 5) revisi produk. Tempat penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Trirenggo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket ahli materi, dan angket ahli media. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi menyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan semua aspek yang divalidasi. Media tersebut dapat dikatakan layak digunakan untuk siswa kelas I sekolah dasar berdasarkan hasil penilaian oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi materi menunjukkan layak dengan skor rata-rata 4,06 yang masuk dalam kategori baik. Hasil validasi media menunjukkan layak dengan skor rata-rata 4,57 berkategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, produk media pazel kata untuk belajar membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar layak untuk digunakan berdasarkan penilaian validator. Kata kunci : pengembangan media, pazel kata, membaca permulaan %I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2022 %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAZEL KATA UNTUK BELAJAR MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR