@phdthesis{UNY72490, year = {2022}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, author = {Nilantim Anugraheni}, title = {IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SD ISLAM AL-AZHAR 38 BANTUL}, month = {February}, url = {http://eprints.uny.ac.id/72490/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di SD Islam Al-Azhar 38 Bantul. Implementasi pendidikan karakter dilihat dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa SD Islam Al-Azhar 38 Bantul. Subjek ditentukan dengan teknik purposive. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dam kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Islam Al-Azhar telah melaksanakan implementasi pendidikan karakter melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan dilakukan dengan sosialisasi, analisis konteks, perumusan visi misi, desain kebijakan dan desain program yang telah terintegrasi dengan PPK. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan berbasis kelas, pengembangan budaya sekolah, dan implementasi pendidikan karakter. Pendidikan karakter berbasis kelas dilaksanakan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran. Pengembangan budaya sekolah dilaksanakan dengan berbagai pembiasaan. Implementasi pendidikan karakter dilakukan dengan pemanfaatan sumber belajar di luar sekolah, memiliki program pendidikan karakter yang mengembangkan dan pengembengan program pendidikan karakter. Tahap evaluasi dilakukan dengan kegiatan monitoring dan tiga bulan sekali melakukan evaluasi. Selaian itu sekolah juga memiliki pengembangan kegiatan sesuai dengan hasil evaluasi. Kata Kunci : pendidikan karakter, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi} }