<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Membangun Komunitas Belajar Bagi Guru Matematika \r\nMelalui Lesson Study"^^ . "Menghadapi tantangan yang semakin banyak, para guru matematika sangat \r\nmemerlukan forum yang mampu menjadi forum saling belajar diantara mereka. Forum yang \r\ndemikian, yang saat ini sangat terkenal di Jepang, dinamakan Lesson Study. Lesson Study adalah \r\nkegiatan kolaboratif dari sekelompok guru untuk secara bersama‐sama: (1) merencanakan \r\npembelajaran (plan), (2) salah seorang guru melaksanakan pembelajaran di depan kelas dan \r\nguru lain mengamati jalannya proses pembelajaran (do), dan (3) melakukan refleksi atau \r\nmelihat lagi (see) pembelajaran yang telah dilaksanakannya, guna menemukan dan \r\nmemecahkan masalah pembelajaran yang mungkin muncul, agar pembelajaran berikutnya \r\ndapat direncanakan dan dilaksanakan dengan lebih baik. \r\nSelama ini forum MGMP Matematika sebenarnya dapat dipandang sebagai komunitas \r\nbelajar bagi guru matematika. Namun jika ditinjau dari intensitas kegiatannya, nampaknya \r\nuntuk dapat benar‐benar menjadi suatu komunitas belajar, kegiatan di MGMP masih harus \r\ndiintensifkan, sedemikian hingga setiap anggotanya secara aktif saling belajar sesuatu dalam \r\nforum yang diselenggarakannya, dengan tujuan untuk meningkatkan keprofesionalan mereka \r\ndalam mengajar, agar siswa dapat belajar dengan optimal. Jika forum MGMP belum cukup \r\nmampu menjadi suatu komunitas belajar bagi guru, maka sekolahlah yang seharusnya menjadi \r\ntempat komunitas belajar berkembang. \r\nDiprakasai kepala sekolah, didukung lingkungan yang kondusif, adanya tekad dan \r\nsemangat diantara para guru untuk maju secara bersama‐sama, adanya kesediaan para guru \r\nuntuk saling berbagi pengetahuan, ketrampilan, dan masalah‐masalah pembelajaran \r\nmatematika yang dihadapinya sehari‐hari, adanya komitmen yang tinggi dari para guru untuk \r\nmengatasi masalah pembelajaran matematika yang ada di sekolah tersebut (seperti rendahnya \r\nmotivasi dan prestasi belajar matematika siswa) secara bersama‐sama, adalah hal‐hal yang akan \r\nsangat mendukung terbangunnya komunitas belajar bagi guru matematika di sekolah tersebut. \r\nMelalui kegiatan Lesson Study para guru akan dapat membangun komunitas belajar untuk \r\nmeningkatkan keprofesionalan mereka. \r\n \r\nKata kunci: komunitas belajar, lesson study"^^ . "2006-11-24" . . . "Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY"^^ . . . "Trend Penelitian dan Pembelajaran Matematika di Era ICT"^^ . . . "9789791635391" . . . . . . . "Widjajanti"^^ . "Djamilah Bondan"^^ . "Widjajanti Djamilah Bondan"^^ . . . . . . "Membangun Komunitas Belajar Bagi Guru Matematika \r\nMelalui Lesson Study (Text)"^^ . . . "PM-11 - Djamilah B.W.pdf"^^ . . . "Membangun Komunitas Belajar Bagi Guru Matematika \r\nMelalui Lesson Study (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "Membangun Komunitas Belajar Bagi Guru Matematika \r\nMelalui Lesson Study (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Membangun Komunitas Belajar Bagi Guru Matematika \r\nMelalui Lesson Study (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Membangun Komunitas Belajar Bagi Guru Matematika \r\nMelalui Lesson Study (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Membangun Komunitas Belajar Bagi Guru Matematika \r\nMelalui Lesson Study (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #7248 \n\nMembangun Komunitas Belajar Bagi Guru Matematika \nMelalui Lesson Study\n\n" . "text/html" . . . "Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2006" . .