relation: http://eprints.uny.ac.id/72321/ title: PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI METODE GUIDED WRITING PADA SISWA KELAS II SD NEGERI ROGODADI creator: Rahmawati, Mei Dina subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar description: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis tegak bersambung menggunakan metode guided writing pada siswa kelas II SD Negeri Rogodadi tahun ajaran 2021/2022. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Rogodadi yang berjumlah 15 siswa. Objek penelitian ini adalah proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis tegak bersambung. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan berupa teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Keberhasilan dari penelitian ini adalah rata-rata nilai hasil observasi mencapai ≥80 dan persentase siswa yang mencapai target ≥75% dengan target keberhasilan yang ditentukan adalah 70. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan menulis tegak bersambung kelas II SD Negeri Rogodadi dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode guided writing. Hasil observasi proses pembelajaran menunjukan peningkatan, pada siklus I sebesar 67,5% meningkat menjadi 83,75% pada siklus II. Hasil tes unjuk kerja juga mengalami peningkatan pada saat pratindakan sebanyak 2 siswa yang berhasil dan 13 siswa belum berhasil dengan nilai rata-rata 59,93 dan persentase keberhasilan 13,33%. Pada siklus I sebanyak 8 siswa yang berhasil dan 7 siswa belum berhasil dengan nilai rata-rata 72,73 dan persentase keberhasilan 53,33%. Pada siklus II sebanyak 12 siswa yang berhasil dan 3 siswa belum berhasil dengan nilai rata-rata 78,87 dan persentase ketuntasan 80%. Kata kunci: keterampilan menulis, tegak bersambung, guided writing. date: 2022-02-15 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/72321/1/Mei%20Dina%20Rahmawati.pdf identifier: Rahmawati, Mei Dina (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI METODE GUIDED WRITING PADA SISWA KELAS II SD NEGERI ROGODADI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.