%0 Thesis %9 S1 %A Laras Nurani, Sekar %B Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2022 %F UNY:72249 %I Universitas Negeri Yogyakarta %P 1 %T PENGARUH KONFORMITAS TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWI %U http://eprints.uny.ac.id/72249/ %X Impulsive Buying merupakan perilaku berbelanja yang terjadi secara tiba-tiba atau tidak direncanakan, tertarik secara emosional, dan proses pembuatan keputusannya dilakukan dengan secara cepat tanpa berpikir secara bijak. Perilaku Impulsive Buying pada mahasiswi sangat berkaitan erat dengan konformitas. Konformitas dalam teman sebaya, tidak jarang dapat membuat orang yang ada di dalamnya melakukan apa yang lingkungan inginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetetahui apakah ada pengaruh konformitas terhadap perilaku impulsive buying pada mahasiswi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah mahasiswi semester 4 Prodi Manajemen, Universitas Negeri Yogyakarta yang berjumlah 120 orang. Instrument dalam penelitian ini menggunakan dua skala yaitu skala konfomitas yang terdiri dari 14 item soal dengan reliabilitas sebesar 0,743 , dan skala impulsive buying yang terdiri dari 11 item soal dengan reliabilitas sebesar 0,854. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan teknik analisis regresi dengan bantuan SPSS, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara konformitas terhadap peilaku impulsive buying pada mahasiswi semester 4 Prodi Manajemen Universitas Negeri Yogyakarta dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,812 dan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05), sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel adalah positif. Kata kunci : konformitas, Impulsive buying, Mahasiswi