%0 Thesis %9 S2 %A Anikarnisia, Ni Made %A Wiludjeng, Insih %B Pendidikan Sains %D 2020 %F UNY:72230 %I Program Pascasarjana %K pembelajaran STEM, kearifan lokal ogoh-ogoh, keterampilan proses sains, dan berpikir kreatif, %T Pengaruh Pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Berbasis Kearifan Lokal Ogoh-Ogoh untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kreatif Peserta Didik. %U http://eprints.uny.ac.id/72230/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran science, technology, engineering, and mathematics (STEM) berbasis kearifan lokal Ogoh-ogoh terhadap keterampilan proses sains dan berpikir kreatif peserta didik secara bersama- sama.. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment yang menggunakan desain non equivalen control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Seputih Raman dengan populasi penelitian adalah seluruh kelas VII dan sampel penelitian yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas sampel yang digunakan adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan STEM berbasis kearifan lokal Ogoh-ogoh sedangkan kelas kontrol menggunakan scientific approach dalam pembelajarannya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara pra-penelitian, observasi keterlaksanaan pembelajaran dan keterampilan proses sains, serta soal pretest dan posttest berpikir kreatif dalam bentuk soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji MANOVA dengan taraf signifikansi sebesar 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran science, technology, engineering, and mathematics (STEM) berbasis kearifan lokal ogoh-ogoh berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains dan berpikir kreatif peserta didik secara bersama-sama. Besar pengaruh pembelajaran science, technology, engineering, and mathematics (STEM) berbasis kearifan lokal Ogoh-ogoh terhadap keterampilan proses sains adalah sebesar 27,1% sedangkan pengaruh terhadap peningkatan berpikir kreatif peserta didik adalah sebesar 4,7%.