%0 Thesis %9 S2 %A Herianto, Herianto %A Wiludjeng, Insih %B Pendidikan Sains %D 2020 %F UNY:72214 %I Program Pascasarjana %K curiosity, e-book multimedia interaktif, flip builder, gamelan, keterampilan generik sains %T Pengembangan E-book Multimedia Interaktif Berbasis Flip builder Tema IPA pada Proses Pembuatan Gamelan untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Curiosity Peserta Didik SMP. %U http://eprints.uny.ac.id/72214/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan e-book multimedia interaktif berbasis flip builder tema IPA pada proses pembuatan gamelan yang layak digunakan, serta (2) mengetahui keefektifan e-book multimedia interaktif dalam meningkatkan keterampilan generik sains dan curiosity peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Rancangan uji coba produk menggunakan pretest posttest control group design. Subjek uji coba lapangan dipilih menggunakan teknik cluster-random sampling sehingga didapatkan dua kelompok subjek uji coba di kelas VII SMP Negeri 6 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Peserta didik pada kelas eksperimen terdiri atas 32 peserta didik dan pada kelas kontrol terdiri atas 32 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, pedoman wawancara, angket analisis kebutuhan, lembar telaah e-book multimedia interaktif, lembar kepraktisan produk, angket keterbacaan e-book multimedia interaktif, angket curiosity peserta didik, dan lembar observasi curiosity peserta didik, yang telah tervalidasi. Kelayakan e-book multimedia interaktif dianalisis secara deskriptif kuantitatif berdasarkan penilaian dari ahli dan praktisi, sedangkan keefektifannya dalam meningkatkan keterampilan generik sains dan curiosity dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-book multimedia interaktif yang dihasilkan layak digunakan dalam pembelajaran IPA dengan kategori “sangat baik” dan (2) e-book multimedia interaktif tersebut efektif meningkatkan keterampilan generik sains dan curiosity peserta didik.