eprintid: 72189 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/21/89 datestamp: 2022-02-08 02:45:31 lastmod: 2022-02-08 02:45:31 status_changed: 2022-02-08 02:45:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Septia, Alifurriza Qurnia creators_name: Sugiharsono, Sugiharsono title: Pengaruh Literasi Ekonomi, Kelompok Teman Sebaya, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Perilaku Konsumsi siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kota Selong. ispublished: pub subjects: pendidikan_ips divisions: pps_ips full_text_status: restricted keywords: perilaku konsumsi, literasi ekonomi, teman sebaya, status sosial ekonomi abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi, kelompok teman sebaya, dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI SMA negeri di Kota Selong, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang ada di tiga sekolah yaitu SMAN 1, SMAN 2, dan SMAN 3 Selong yang berjumlah 308 siswa. Jumlah sampel sebanyak 174 siswa yang diambil dengan teknik proportional area random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kota Selong, dibuktikan dengan nilai t sebesar 2,011 dengan nilai signifikansi sebesar 0,046 (p < 0,05) dan koefisien regresi (b1) sebesar 0,381. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kota Selong dibuktikan dengan nilai t sebesar2,842 dengan nilai signifikansi sebesar 0,005 (p < 0,05) dan koefisien regresi (b2) sebesar 0,180. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kota Selong dibuktikan dengan nilai t sebesar3,724 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan koefisien regresi (b3) sebesar 0,413. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel literasi ekonomi, kelompok teman sebaya, dan status sosial ekonomi orang tua secara bersama-sama terhadap perilaku konsumsi siswa, dibuktikan dengan nilai F sebesar 10,782 dengan signifikansi F 0,000, dan nilai R square (R2) sebesar 0,160. Perilaku konsumsi siswa dipengaruhi oleh literasi ekonomi, kelompok teman sebaya, dan status sosial ekonomi orang tua sebesar 16,0% dan sisanya sebesar 84,0% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. date: 2020-02-27 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Pendidikan IPS thesis_type: tesis referencetext: Albritton, F. (2006). Performmance on test of economic literacy: A comparison of face-to-face with online instruction. First Monday (peer-reviewed journal on the internet). Vol. 11 No.10 Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bahrein, T.S. (1997). Sosiologi pedesaan. Jakarta: Balai Pustaka Budiwati, Neti. (2014). Analisis literasi ekonomi dan perilaku konsumen. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Burkhardt, Gina, dkk. (2003). Engaunge 21st century skills: Literacy in the digital age. Desmita. (2009). Psikologi perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Effendi, U. (2016). Psikologi konsumen. Depok: PT Rajagrafindo persada. Ghozali, I. (2014). Konsep dan aplikasi dengan AMOS 22. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hadi, S. (2004). Analisis regresi. Yogyakarta: Penerbit ANDI Hadija, L. (2013). Pengaruh teman sebaya dan prestasi belajar ekonomi pada perilaku konsumsi siswa SMA khadijah Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol. 1 No. 2. Hameed, et al. (2014). Impact of tv advertisement on children buying behaviour. International Journal of Humanities and Social Sciences, 4 (2), 246- 261 Hanzaee, K.H. (2011). Influence of family stucture on consumer decision-making style in Iran. International Journal of Business and Management, 6 (11), 297-304 Hasan, A. (2014). Marketing dan kasus-kasus pilihan. Caps (Center For Academic Publishing Service) CetakanKe -2. Jakarta Imansari, F. I& Dhiah Fitrayati. (2016). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumsi siswa kelas XI IIS di SMAN 17 Surabaya. Jurnal Penelitian. Universitas Negeri Surabaya 91 Jappelli, T. (2009). Economic literacy: An international comparison. CFS Working Paper. No. 238 Kellner, D. (2010). Budaya Media; cultural studies, identitas, dan politik antara modern dan postmodern. London: Routledge Kusniawati, M & Riza Yonisa. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tuan Dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas X IPS di SMAN 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Mangkunegara, A. A. (1998). Perilaku Konsumen. Bandung: Remaja Rosda Karya. Markow, D & Bagnaschi, K. (2005). What american teens & adults know about economics. Harris Interactive Market Research. NCEE Marmot, M. (2004). The status syndrome: How social standing affects our health and longevity. New York: Owl Books. Martin, J. (2008). Consuming code; use-value, exchange-value, and the role of virtual goods in second life. Journal of Virtual Worlds Research, 2 (2), 1-21 Mathews, L. G. (1999). Promoting economic literacy: Ideas for your clasroom. Paper prepared for the 1999 AAEA Annual Meetting Nashville, Tennessee. Monks, FJ., Knoers, A.M.P. & Haditomo, S.R. (2000). Psikologi perkembangan: Pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press Mowen, J.C & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen Jilid 1. Alih Bahasa: Lina Salim. Jakarta: Erlangga. Muhson, A. (2015). Pedoman praktikum aplikasi komputer lanjut. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Norbuko, C. & Abu A. (2005). Metode penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara Nuralamy, S. & Farida J. (2015). Analisis pengaruh iklan dari minatpembelian konsumen. Jurnal Manajemen Trisakti (e-journal), 2(1), 61-81 Pandey, C.& Bhattacharya. (2012). Economic literacy of senior secondary school teachers: A field study. Journal of All India Association for Educational Research. Vol.24 No.1. 92 Patil, H. & Bbakkappa. (2012). Influence of culture on cosmetics consumer behaviour. IOSR Journal of Business and Management, 3 (4), 41-47 Peter, J. P & Olson, J. C. (1999). Consumer behaviour: Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Jakarta: Erlangga Republik Indonesia. (2003). Undang – Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, pasal 3 tentang Tujuan Pendidikan Retnawati, H. (2016). Validitas reliabilitas dan karakteristik butir. Yogyakarta: Parama Publishing Salemi, M. K. (2005). Teaching economic literacy: Why, what and how. International Review of Economics Education, Volume 4, issue 2 2005, pp. 46-57. Santosa, S. (2006). Dinamika kelompok. Jakarta: Bumi Aksara _______. (2009). Dinamika kelompok. Jakarta: Bumi Aksara Santrock, J.W. (2007). Perkembangan anak edisi kesebelas jilid 2. Alih Bahasa: Mila Rachmawati. Jakarta: Erlangga _______. (2009). Psikologi pendidikan (jilid 2). Jakarta: Erlangga Sarjono, H. & Winda J. (2011). SPSS vs LISREL; Sebuah pengantar aplikasi untuk riset. Jakarta: Salemba Empat Schiffman, L.& Leslie L. K. (2008). Perilaku konsumsi edisi ketuju. Jakarta: PT Indeks Setiadi, J. N.. (2015). Perilaku konsumen. Jakarta : Prenada Media Group. Sina, P. G. (2012). Analisi literasi ekonomi. Jurnal Economia Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Volume 8, Nomor 2, 2012. Slavin, R.E. (2011). Psikologi pendidikan; Teori dan praktik (edisi 19-jilid 1). (Terjemahan Marianto Samosir). New York: Pearson Education, Inc Sugihartono. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta _______. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitataif, dan kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta 93 Suherman, R. (2011). Pengantar teori ekonomi: Pendekatan kepada teori ekonomi mikro dan makro. Jakarta: Rajawali Press Sukanto, S. (2010). Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Sukari., et al. (2013). Perilaku konsumtif siswa SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Yogyakarta Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia _______. (2014). Perilaku konsumen teori dan penerapannya dalam pemasaran. Edisi Kedua. Jakarta: Ghalia Indonesia Sunyoto, D. (2015). Perilaku konsumen dan pemasaran. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service). Suryani, T. (2013). Perilaku konsumen di era internet: Implikasinya pada strategi pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu _______. (2008). Perilaku konsumen: Implikasinya pada strategi pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu Suyani, S. (2005). Hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dan jumlah uang saku terhadap sikap berekonomi siswa di MAN 3 Malang yang dibedakan menurut prestasi belajar. TesisMalang: PPS UM. Svalastoga, K. (2010). Diferensiasi sosial. Jakarta: Bina Aksara Tim Penelitian dan Pengembangan Wahana Komputer. (2006) Vembriarto, S.T. (2003). Sosiologi pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Weber, M. (1978). Economy and eociety. Berkley: University of California Press Wahyudi, A. (2004). Ekonomi. Jakarta: Erlangga Widoyoko, E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Pustaka Pelajar. Yogyakarta Wijaya, F. (1989). Ekonomi mikro. Yogyakarta: BPFE Wahyono, H. (2001). Pengaruh perilaku ekonomi kepala keluarga terhadap intensitas pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPS UM. Wulandari. (2011). Hanya 42,6 persen guru ekonomi berkualitas baik. Republika. Edisi 3 April 2011 Yasin’ta A. N. & Sandy A. (2017). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, kelompok teman sebaya dan financial literacy terhadap perilaku konsumtif pada siswa kelas XI IPS SMA kesatrian 1 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Economic Education Analysis Journal 6 (2) 2017. Universitas Negeri Semarang. Yusuf, S. (2007). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Zahrawati, F. (2016). Pengaruh kultur sekolah, konsep diri, dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif siswa SMA negeri di Kota Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. citation: Septia, Alifurriza Qurnia and Sugiharsono, Sugiharsono (2020) Pengaruh Literasi Ekonomi, Kelompok Teman Sebaya, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Perilaku Konsumsi siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kota Selong. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/72189/1/tesis-alifurriza%20qurnia%20septia-17705251012.pdf