eprintid: 72162 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/21/62 datestamp: 2022-02-07 06:23:17 lastmod: 2022-02-07 06:23:17 status_changed: 2022-02-07 06:23:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Suhaili, Muhammad creators_name: Sugiharsono, Sugiharsono title: Penilaian Kinerja Guru Ekonomi Bersertifikat pada Madrasah Aliyah di Kabupaten Lombok Tengah. ispublished: pub subjects: eko_ekonomi divisions: pps_ekonomi full_text_status: restricted keywords: kepribadian, kompetensi, pedagogik, profesional, sosial abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kinerja guru ekonomi bersertifikat pada madrasah aliyah di Kabupaten Lombok Tengah berdasarkan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional menurut penilaian diri, penilaian kepala sekolah/madrasah, penilaian kolega dan penilaian siswa. Penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Model evaluasi yang digunakan adalah Goal Attainment Model/Goal-Oriented Evaluation Model. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru ekonomi bersertifkat pada madrasah aliyah di Kabupaten Lombok Tengah, yang berjumlah 63 orang. Pengumpulan data menggunakan angket dan melalui dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Kompetensi pedagogik guru ekonomi bersertifikat pada madrasah aliyah di Kabupaten Lombok Tengah dalam kategori amat baik dengan persentase 92,21%. (2) Kompetensi kepribadian mereka termasuk dalam kategori amat baik dengan persentase 95,93%. (3) Kompetensi sosial mereka termasuk dalam kategori amat baik dengan persentase 93,35%. (4) Kompetensi profesional mereka termasuk dalam kategori baik dengan persentase 84,74%. date: 2020-07-22 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Pendidikan Ekonomi thesis_type: tesis referencetext: Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi & Jabar, C.S.A. (2008). Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi. (1997). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Barinto. (2012). Hubungan Kompetensi Guru dan Supervisi Akademik dengan Kinerja Guru SMP Negeri se-Kecamatan Percut Sei Tuan.Jurnal Tabularasa, 09 (02). pp. 201-214. ISSN 1693-7732 Barnawi & Mohammad Arifin. (2014). Kinerja Guru Profesional (Instrumen, Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Berk, R. A. (1986). Performance Assessment. London: The Jon Hopkins Press Ltd. Bernardin, H. John & Joyce E.A. Russel. (2002). Human Resource Management: An Experimental Approach. Singapore: Mc Graw Hill Inc. BPS. (2019). Indeks Pembangunan Manusia Menurut Provinsi. Dapat diakses pada: https://www.bps.go.id/dynamictable/2019/04/16/1615/peringkat- indeks-pembangunan-manusia-menurut-provinsi-2010-2018-metode-baru- .html. (Akses pada: 20-11-2019). Briggs, M., Woodfield, A., Swatton, P., & Martin, C (2008). Assesment for Learning and Teaching in Primary Schools (2nd ed). Glasgow: Learnings Matters Ltd. Cangelosi, James S. (1995). Merancang Tes untuk Menilai Prestasi Siswa. Bandung: ITB. Danim, Sudirman. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Radja Grafindo Persada. 125 Ebel. R.L. & Frisbea. D. A. (1985). Essential of Educational Measurement. New Jerseey: Prentice-Hall, Inc. Farida, Sarimaya. (2008). Sertifikasi Guru. Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Bandung: Yrama Widya Griffin. P&Nix. P. (1991). Educational Assessment and Reporting. Sydney: Harcout Brace Javanovich. Publisher. Husien, L. (2017). Profesi Kegururan: Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru. Jaedun, Ahmad. (2009). Evaluasi Kinerja Profesional Guru. Makalah disampaikan pada Pelatihan ”Refleksi Profesi Guru Bersertifikat Profesional, ” di Kantor Dinas DIKPORA Cilacap Tanggal 12 Oktober. JM. (2019). Penilaian Kinerja Karyawan : Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Proses. Dapat diakses: https://jurnalmanajemen.com/penilaian-kinerja- karyawan/ (Akses pada 20-11-2019). Jones, J., Jenkin, M & Lord, S. (2006).Developing effective teacher performance. UK: Paul Chapman Educational Publishing. Kartomo,AI&Slameto,S.(2016).EvaluasiKinerjaGuru Bersertifikasi.Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 219-229. Kaufman, R., & Thomas, S. (1980). Evaluation Without Fear. New York: New Viewpoints Division, Franklin Watts. Kemendiknas. (2010). Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru Buku 1 Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Kemendiknas. (2010). Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru Buku 2 Pedoman Penilaian Kinerja (PK) Guru. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Kurniasih, I & Sani, B. (2017). Kupas Tuntas Kompetensi Pedagogik: teori dan praktik untuk peningkatan kineja dan kualitas guru. Yogyakarta: Kata Pena. 126 Madaus, George F., Scriven, Michael S., dan Stufflebeam, Daniel L. (1983). Evaluation Models: Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing. Mangkunegara, Anwar P. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya. Mardapi, Djemari. (1999). Estimasi Kesalahan Pengukuran dalam Bidang Pendidikan dan Implementasinya pada Ujian Nasional. Pidato Pengukuhan Guru Besar. Universitas Negeri Yogyakarta. Mardapi, Djemari. (1999). Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi. Makalah Disampaikan pada Penataran Evaluasi Pembelajaran Matematika SLTP untuk Guru Inti Matematika di MGMP SLTP tanggal 8-23 November 1999 di PPPG Matematika Yogyakarta. Mardapi, Djemari. (2000). Evaluasi Pendidikan. Makalah Disampaikan pada Konvensi Pendidikan Nasional Tanggal 19-23 September 2000 di Universitas Jakarta. Morallo, L. H., Ballado, R. S., Arandia, F. S., & Muncada, S. R. (2014). Personal and Professional Competencies of Senior Teacher Education Students. International Journal of Interdisciplinary Research and Innovations, 2(4), 134-138. Mulyasa, Endang. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdkarya. Mulyasa, Endang. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mulyasa, Endang. (2009). Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan), Cetakan Kedelapan. Bandung: Remaja Rosda Karya. Mulyasa, Endang. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya. Mulyasa, Endang. (2014). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 127 Muslich, M. (2007). Sertifikasi guru menuju profesionalisme pendidik. Jakarta: Bumi Aksara. Nadhira Nitimihardja. D. (2016) Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru antara Guru Lulusan LPTK dan Non LPTK di SMK Pasundan 3 Bandung. Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung. Dapat diakses pada: repository.upi.edu. Nawawi, H. (2006). Evaluasi dan manajemen kinerja di lingkungan perusahaan dan industri. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Nolan, James, F & Hoover, Linda, A. (2011). Teacher Supervision an Evaluation: theory into practice. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc. Parkes, KA. (2010). Performance Assessment: Lessons from Performers. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 22(1), 98-106. Payong, M. R. (2011). Sertifikasi Profesi Guru: Konsep Dasar, Problematika, Dan Implementasinya. Jakarta: Indeks Peraturan Manteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditrnya. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenneg PAN dan RB) Nomor 16 Tahun 2009 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Posavac. E. J. & Carey. (1985). Program evaluation, methods & case studies. New Jersey: Prentice-Hall. Prawirosentono, Suyadi (1999). Manajemen Sumber Daya Manusia, Kebijakan Kinerja Karyawan: Kiat Membangun Organisasi Kompetitif Menjelang Perdagangan Bebas Dunia. Yogyakarta: BPFE. Presiden Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia No. 74 Tahun 2008 tentang Guru Presiden Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 128 Priansa, D. J. (2014). Kinerja Dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta. Priatna, Nanang & Sukamto, Tito. (2013). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya. Purwanti, Endang. (2008).Asesment Pembelajaran SD. Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Radar Lombok. (2019). Kualitas Pendidikan, NTB Ranking 33 dari 34 Provinsi. Dapat diakses: https://radarlombok.co.id/kualitas-pendidikan-ntb-ranking- 33-dari-34-provinsi.html. (Akses pada 20-11-2019). Rachmawati, T&Daryanto. (2013). Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media Republik Indonesia. UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Republik Indonesia. UU No.20 Th. 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Retnawati, H. (2015). Validitas Reliabilitas Dan Karakteristik Butir. Yogyakarta: Parama Publishing. Rusdiana, A & Heryanti, Y. (2015). Pendidikan Profesi Keguruan: Menjadi Guru Inspiratif dan Inovatif. Bandung: Pustaka Setia. Sadirman. (1994). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo. Sadulloh, U. (2010). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta. Samana, A. (1994). Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisisus. Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Perenada Media Grup. Sari, Rita. (2017). Evaluasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar se-Kota Jaya Pura. Tesis, Tidak Diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Spencer, L. M., & Signe, M. S. (1993). Competence at Work : Models for Superior Performance. New York: John Wiley & Son. Inc. Stufflebeam, D. L. & Shinkfield, A. J. (1985). Systematic evaluation. Boston: Kluwer-Nijhoff publishing. 129 Suciu, A. I., & Mata, L. (2011). Pedagogical Competences–The Key to Efficient Education. International online journal of educational sciences, 3(2), 411- 423. Sudijono, Anas. (2007). “Pengantar Evaluasi Pendidikan”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Sudjana, N., & Ibrahim, R. (2004).Penelitian dan penilaian pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suhadi, Ahmad. (2011). Evaluasi Kinerja Guru Matematika Bersertifikasi Guru Profesional Tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Kaimana. Tesis, Tidak Diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta. Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Suyanto, A. J. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi Erlangga Group. Tayibnapis, Farida, Y. (2000). Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta. Trianto & Titik T.T. (2006).Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi dan Kesejahteraan. Jakarta: Prestasi Pustaka. Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran: Aspek yang Mempengaruhi. Jakarta: Bumi Aksara. Utami, Yeni. (2018). Evaluasi Kinerja Guru Bahasa Inggris di SMKN Se- Kabupaten Kulon Progo. Tesis, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Uzer, Usman. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya Weis, Carol. H. (1972) Evaluation research, Methods of Assessing Program Effectiveness. Englewood Cliffs. New Jerseey: prentice-Hall, Inc. Wibowo, A & Hamrin. (2017). Menjadi Guru Berarakter (Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 130 Widarsih, Ria. (2015). Evaluasi Kinerja Guru IPS SMP Berdasarkan Standar Kompetensi Guru di Kabupaten Kebumen. Tesis, Tidak Diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Widarsih, Ria & Faraz, Nahiyah Jaidi. (2016). Evaluasi Kinerja Guru IPS SMP Berdasarkan Standar Kompetensi Guru di Kabupaten Kebumen. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 178-187. Widiastuti, Arni. (2011). Evaluasi Kinerja Guru Bersertifiksi Pendidik di SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo Tahun 2011. Tesis, Tidak Diterbitkan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Widoyoko, Eko, P. (2102). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Wirawan. (2012). Evaluasi: teori, model, standar, aplikasi dan profesi. Depok: Raja Grafindo Persada. Worotikan. RS., Mananeke. L., & Lumintang. GG. (2016). Evaluasi Pelaksanaan Pekerjaan Terhadap Kinerja Guru Sertifikasi pada SMP Katolik Hati Kudus Karombasan Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 722- 737. Yamin, Martinis & Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada. Yusrizal, Y., Soewarno, S., & Fitri, Z. (2011). Evaluasi Kinerja Guru Fisika, Biologi dan Kimia SMA yang Sudah Lulus Sertifikasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 15(2), 269-286. citation: Suhaili, Muhammad and Sugiharsono, Sugiharsono (2020) Penilaian Kinerja Guru Ekonomi Bersertifikat pada Madrasah Aliyah di Kabupaten Lombok Tengah. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/72162/1/tesis-muhammad%20suhaili-18719251002.pdf