TY - THES M1 - tesis AV - restricted A1 - Wasilaputri, Febryana Rizqi A1 - Sukidjo, Sukidjo TI - Pengaruh Kompetensi Guru, Kultur Sekolah, dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Melalui Motivasi Berprestasi Siswa IPS SMA Negeri Kota Yogyakarta. PB - Program Pascasarjana KW - kompetensi guru KW - kultur sekolah KW - self-regulated learning KW - motivasi berprestasi KW - prestasi belajar KW - ekonomi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru, kultur sekolah, dan self-regulated learning terhadap prestasi belajar ekonomi melalui motivasi berprestasi siswa IPS SMA Negeri Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPS di 11 sekolah SMA Negeri di Kota Yogyakarta. Sampel sekolah sejumlah 4 sekolah diambil dengan teknik stratified random sampling. Sampel siswa sebanyak 131 siswa ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang telah diuji validitas dengan dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi (p=0.005); (2) Kultur sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi (p=0.003); (3) Self-regulated learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi (p=0.000); (4) Kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (p=0.047); (5) Kultur sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (p=0.033); (6) Self-regulated learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (p=0.029); (7) Motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (p=0.003); (8) Kompetensi guru berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar melalui motivasi berprestasi (t hitung=2.009); (8) Kultur sekolah berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar melalui motivasi berprestasi (thitung=2.0761); (10) Self-regulated learning berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar melalui motivasi berprestasi (t hitung=2.244). Y1 - 2020/02/25/ ID - UNY72149 UR - http://eprints.uny.ac.id/72149/ ER -