<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengaruh Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi terhadap Kemampuan \r\nKognitif Kimia Siswa di Sekolah Menengah Atas Kota Jambi."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan kemampuan\r\nkognitif kimia antara siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan saintifik\r\nberbasis multipel representasi dan siswa yang diajar dengan menggunakan\r\npendekatan saintifik tanpa berbasis multipel representasi, (2) pengaruh\r\npembelajaran kimia berbasis multipel representasi terhadap kemampuan kognitif\r\nsiswa pada materi kesetimbangan kimia, serta (3) tipe dari soal multipel\r\nrepresentasi yang paling sulit dan paling mudah dijawab oleh siswa.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian quasi experimental with post-test only\r\nand non-equivalent control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa\r\nkelas XI IPA yang terdiri dari dua grup, yaitu grup eksperimen, yang terdiri dari 36\r\nsiswa (17 laki-laki dan 19 perempuan), dan grup kontrol, yang terdiri 33 siswa (15\r\nlaki-laki dan 18 perempuan). Grup eksperimen diajar dengan pendekatan saintifik\r\nberbasis multipel representasi, sedangkan grup kontrol dengan pendekatan saintifik\r\ntanpa berbasisi multipel representasi. Penentuan sampel menggunakan teknik\r\nrandom sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda untuk\r\nmengukur kemampuan kognitif kimia siswa. Analisis data menggunakan uji\r\nIndependent Sample t-test, untuk mengetahui perbedaan kemampuan kognitif kimia\r\nantara grup eksperimen dan grup control; effect size (cohend’ dan eta square) untuk\r\nmengetahui effektivitas pembelajaran kimia dengan pendekatan saintifik berbasis\r\nmultipel representasi terhadap kemampuan kognitif kimia siswa; Rasch model\r\nuntuk mengetahui jenis representasi kimia yang paling sulit dan paling mudah\r\ndijawab oleh siswa.\r\nHasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan rata-rata\r\nkemampuan kognitif kimia antara siswa yang diterapkan pembejaran kimia dengan\r\npendekatan saintifik berbasis multipel representasi dengan siswa yang diterapkan\r\npembelajaran kimia dengan pendekatan saintifik tanpa berbasis multipel\r\nrepresentasi. Siswa-siwa pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih\r\ntinggi yaitu (x̅ =71,44) dengan kategori berada di atas KKM (67). Sedangkan\r\ndengan siswa-siswa pada kelas control memiliki nilai rata-rata yang lebih rendah (x̅\r\n=53,09) dengan kategori berada di bawah KKM (67). (2) Pembelajaran kimia\r\ndengan pendekatan saintifik berbasis multipel representasi memiliki kefektifan\r\nyang tinggi terhadap kemampuan kognitif kimia siswa, yang ditunjukkan pada nilai\r\nd Cohen sebesar 1,29 dan nilai eta-square sebesar 0,46. (3) Tipe soal representasi\r\nyang paling sulit dijawab oleh siswa di kelas eksperimen yaitu tipe soal representasi\r\nmatematika, sedangkan yang paling mudah adalah tipe soal representasi simbolik.\r\nUntuk kelas kontrol, tipe soal representasi yang paling sulit adalah tipe soal\r\nrepresentasi submikroskopik, sedangkan yang paling mudah adalah tipe soal\r\nrepresentasi simbolik."^^ . "2020-05-16" . . . "Program Pascasarjana"^^ . . . "Pendidikan Kimia, Program Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Hari"^^ . "Sutrisno"^^ . "Hari Sutrisno"^^ . . "Efri"^^ . "Mindayula"^^ . "Efri Mindayula"^^ . . . . . . "Pengaruh Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi terhadap Kemampuan \r\nKognitif Kimia Siswa di Sekolah Menengah Atas Kota Jambi. (Text)"^^ . . . "Pengaruh Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi terhadap Kemampuan \r\nKognitif Kimia Siswa di Sekolah Menengah Atas Kota Jambi. (Other)"^^ . . . . . . "Pengaruh Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi terhadap Kemampuan \r\nKognitif Kimia Siswa di Sekolah Menengah Atas Kota Jambi. (Other)"^^ . . . . . . "Pengaruh Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi terhadap Kemampuan \r\nKognitif Kimia Siswa di Sekolah Menengah Atas Kota Jambi. (Other)"^^ . . . . . . "Pengaruh Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi terhadap Kemampuan \r\nKognitif Kimia Siswa di Sekolah Menengah Atas Kota Jambi. (Other)"^^ . . . . . . "Pengaruh Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi terhadap Kemampuan \r\nKognitif Kimia Siswa di Sekolah Menengah Atas Kota Jambi. (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #72102 \n\nPengaruh Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi terhadap Kemampuan \nKognitif Kimia Siswa di Sekolah Menengah Atas Kota Jambi.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan (Umum)"@en . . . "Kimia"@en . .